Home Kesehatan Ini Dia 7 Makanan Penyebab Usus Kotor

Ini Dia 7 Makanan Penyebab Usus Kotor

0
13

Seputarherbal.com – Makanan Penyebab Usus Kotor. Usus merupakan organ di dalam tubuh yang termasuk kedalam sistem pencernaan. Penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan dan kebersihan usus agar terhindar dari masalah kesehatan, seperti sembelit, radang usus, usus buntu, hingga kanker usus. Pasalnya, usus bisa jadi kotor akibat makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Lantas, makanan apa saja yang dapat mengganggu kesehatan usus? Simak ulasan di bawah ini.

Pada dasarnya, setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi akan dicerna di dalam perut Anda. Namun, ada beberapa jenis makanan yang tidak dapat dicerna dengan baik dan pada akhirnya menumpuk menjadi sampah dan membahayakan kesehatan. Walaupun tubuh akan mengeluarkan sampah-sampah tersebut secara perlahan, tetapi ada baiknya jika Anda menghindari makanan-makanan yang menyebabkan usus kotor.

Berikut ini beberapa makanan yang tidak baik untuk kesehatan usus :

  • Daging Olahan / Daging Instan

Daging instan, kini bukan lagi sesuatu yang sulit untuk ditemukan. Daging ini diolah dan dikemas dengan cara yang instan dengan kandungan zat pengawet agar dapat bertahan lama. Kebiasaan mengonsumsi daging instan tentunya dapat membahayakan kesehatan tubuh, termasuk usus. Selain menggunakan pengawet, daging instan juga kerap diberi tambahan perasa buatan yang juga dapat meningkatkan kadar karsinoksigen dalam tubuh yang sangat membahayakan organ hati.

Baca Juga : Kurangi Makan Sosis Untuk Menghindari Kanker Usus

  • Daging Unggas yang Disuntik

Selain daging instan, mengonsumsi daging unggas yang disuntik hormon atau vaksin juga dapat menyebabkan masalah pada usus. Biasanya, daging unggas yang Anda jumpai di pasaran masih dalam masa pertumbuhan sehingga belum cukup umur untuk di konsumsi. Namun, karena teknologi semakin canggih, hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan suntik vaksin yang membuat unggas terlihat lebih besar secara fisik.

  • Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng memang memiliki cita rasa yang lezat, akan tetapi memiliki beberapa dampak buruk untuk kesehatan. Salah satu dampak dari mengonsumsi makanan yang digoreng adalah terjadinya radang usus buntu.

  • Makanan / Minuman Tinggi Gula

Selain dapat meningkatkan kadar gula darah, makanan / minuman tinggi gula juga tidak baik untuk kesehatan usus. Hal ini disebabkan karena, kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan penurunan populasi bakteri baik dan meningkatkan populasi bakteri jahat pada usus.

  • Makanan Pedas

Makanan pedas pada dasarnya memang dapat menimbulkan gangguan pencernaan yang menyebabkan perut terasa perih, sehingga tidak baik untuk kesehatan usus.

  • Makanan Berlemak Tinggi

Selain dapat menyebabkan bakteri jahat pada usus meningkat, makanan berlemak tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya oksidasi pada usus.

  • Makanan Rendah Serat

Mengonsumsi makanan dengan serat rendah dan tinggi karbohidrat seperti makanan cepat saji (junk food) dapat meningkatkan risiko terjadinya radang usus buntu.

Pengobatan Kanker Usus Ini TERBUKTI Menyembuhkan