Makanan Penyebab Kista Ovarium yang Harus Dihindari

0
16

Seputarherbal.com – Kista ovarium masih menjadi salah satu momok penyakit bagi wanita. Walaupun kista ovarium bukanlah penyakit yang berbahaya dan mematikan, namun penting bagi Anda semua untuk menjaga agar kista tidak memburuk dan bertambah besar. Salah satu cara untuk mencegah kista membesar adalah dengan menjauhi makanan yang menjadi pantangan untuk masalah kesehatan tersebut. Lantas, apa saja makanan penyebab kista ovarium bertambah parah? Simak ulasan berikut

Sebelum mengetahui pengobatan kista ovarium secara alami, ada baiknya jika Anda mengenal lebih jauh mengenai penyakit kista itu sendiri. Kista ovarium sendiri adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan jinak berisi cairan yang tumbuh di indung telur (ovarium). Benjolan ini dapat tumbuh dengan ukuran mulai dari kecil hingga sangat besar.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap wanita memiliki dua buah ovarium di sisi kanan dan kiri rahim. Sementara itu, kista ovarium kerap muncul di masa subur atau selama wanita menstruasi berlangsung.

Penyebab Kista Ovarium

Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab terbentuknya kista ovarium. Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini terjadi akibat siklus menstruasi atau akibat adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Meski menandakan adanya pertumbuhan sel abnormal, namun kista ovarium kebanyakan bersifat jinak atau non-kanker.

Selain itu, kista ovarium juga dapat terjadi akibat gagalnya folikel berovulasi, faktor genetik (turunan), serta kurangnya asupan makanan berserat.

Gejala Kista Ovarium

Kista ovarium seringkali tidak menimbulkan gejala apapun yang spesifik dan dapat membuat pengidapnya sadar akan kondisinya. Oleh sebab itu, banyak kasus kista ovarium yang baru terdeteksi ketika ukurannya sudah besar dan menimbulkan gejala yang mengganggu.

Meski begitu, dalam beberapa kondisi, kista ovarium juga dapat menimbulkan gejala ,yang diantaranya adalah nyeri di area perut atau pinggu.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kista ovarium menyebabkan timbulnya rasa nyeri, yaitu :

  • Kista yang tubuh dengan sangat cepat sehingga menyebabkan pelebaran jaringan.
  • Kista yang mengalami ruptur (kista pecah).
  • Pendarahan pada kista.
  • Kista yang terlilit pembuluh darah atau torsi.

Selain nyeri di perut dan pinggul, kista ovarium juga dapat menimbulkan gejala lain ketika tumbuh dengan ukuran besar. Gejala lain yang timbul bisa jadi berupa perubahan pada struktur tubuh. Di antaranya adalah :

  • Perut bengkak, terasa penuh dan kembung.
  • Terasa nyeri di bagian bawah punggung.
  • Tidak dapat menahan buang air kecil.
  • Gangguan pada sistem pencernaan.
  • Mudah kenyang meski hanya makan sedikit.
  • Kesulitan untuk buang air kecil.
  • Susah buang air besar atau sembelit.
  • Merasa nyeri saat melakukan hubungan seksual.

Selain menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu, kista yang pecah juga dapat menyebabkan gejala yang serius, yakni terjadinya pendarahan. Kondisi ini juga dapat menimbulkan rasa nyeri yang cukup hebat. Namun, kista yang pecah biasanya tidak menimbulkan gejala seperti demam atau gangguan pencernaan.

Pantangan untuk Pengidap Kista Ovarium

Untuk mempercepat penyembuhan kista ovarium, tentunya harus diimabangi dengan pola hidup sehat dan menjauhi pantangan-pantangan untuk penderita rematik. Meski pantangan ini bukan merupakan penyebab utama terbentuknya kista, namun sebaiknya Anda menghindari beberapa jenis makanan penyebab kista ovarium di bawah ini :

  • Makanan cepat saji (junk food)

Salah satu makanan yang tidak dianjurkan untuk wanita dengan kista ovarium adalah makanan cepat saji (junk food). Maka dari itu, usahakan untuk hindari konsumsi makanan cepat saji.

  • Daging merah

Selain makanan cepat saji, penderita kista ovarium juga perlu membatasi konsumsi daging merah. Hal ini disebabkan karena, daging merah mengandung kolesterol jahat cukup tinggi. Kolesterol tinggi di dalam tubuh juga dapat menyebabkan berkembangnya sel abnormal di dalam tubuh.

  • Makanan laut (seafood)

Selain daging merah, wanita dengan kista ovarium mau tidak mau juga harus membatasi konsumsi makanan laut (seafood). Hal ini disebabkan karena makanan laut mengandung kolesterol tinggi yang membuat pertumbuhan dan perkembangan kista ovarium menjadi begitu cepat.

  • Kafein

Jika Anda wanita dengan risiko kista ovarium ataupun memiliki risiko tinggi mengalami kista ovarium, sebaiknya mulai membatasi konsumsi kafein. Hal ini disebabkan karena kafein merupakan makanan penyebab kista ovarium yang dapat mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh, sehingga dapat memperburuk kondisi kista ovarium.

  • Alkohol dan Soda

Selain kafein, sebaiknya wanita dengan kista ovarium tidak mengonsumsi minuman beralkohol dan soda. Pasalnya, kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar estrogen yang dapat memperburuk kondisi kista.

Pengobatan Kista Ovarium

Kista ovarium umumnya terdeteksi melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG). namun, tidak semua kista memerlukan penanganan medis. Dalam beberapa kasus, kista yang berkaitan dengan siklus menstruasi umumnya akan hilang dengan sendirinya. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala kista, guna mengetahui apakah kista tersebut berbahaya.

Sementara itu, kista yang berbahaya atau berukuran besarumumnya diatasi dengan penggunaan obat-obatan hingga tindakan operasi pengangkatan kista.

Obat Herbal untuk Kista Ovarium

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak wanita degan kista ovarium yang takut untuk melakukan operasi. Jika begitu, maka penderita dapat mencoba alternatif lain seperti mengonsumsi obat herbal. Salah satu obat herbal alami yang aman dan tidak diragukan lagi khasiatnya dalam memberantas kista ovarium adalah LING SHEN YAO. Obat herbal yang satu ini dibuat dengan bahan herbal alami yang tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya.

Anda tidak perlu ragu jika itu tentang keamanan, sebab obat herbal Ling Shen Yao juga teruji secara praklinis di perguruan tinggi terakreditasi, terdaftar di BPOM, dan juga telah mendapat label hala dari MUI. Ling Shen Yao juga sudah dipercaya selama 30 tahun lebih akan khasiatnya yang dapat menyembuhkan kista tanpa operasi.

Selain dikenal dapat melakukan pencegaha terhadap kista, Ling Shen Yao juga dapat dinilai ampuh dalam menekan pertumbuhan sel kanker, serta dapat membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang tergolong serius, seperti miom, endometriosis, gangguan kehamilan, tiroid, hingga diabetes.

https://lingshenyao.id/obat-herbal-kista/