Home Kesehatan Hati-Hati! Ini Dia Makanan Penyebab Keputihan

Hati-Hati! Ini Dia Makanan Penyebab Keputihan

0
89

Seputarherbal.com – Makanan Penyebab Keputihan. Keputihan memang merupakan kondisi yang normal bagi setiap wanita. Namun, terkadang keputihan juga dapat menjadi masalah bagi kenyamanan dan kesehatan wanita. Pasalnya keputihan yang tidak biasa dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan menyebabkan rasa gatal.

Seperti bagian tubuh lainnya, organ intim wanita juga dapat terganggu kesehatannya akibat makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Yap! ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan adanya infeksi jamur yang membuat organ kewanitaan terasa gatal dan berbau tak sedap akibat keputihan. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat menyebabkan keputihan :

  • Makanan Manis

Makanan manis memang digemari banyak orang, akan tetapi kandungan gula di dalam makanan tersebut dapat menyebabkan wanita lebih rentang mengalami keputihan. Pasalnya, gula menjadi salah satu zat yang dapat menyebabkan terjadinya pertumbuhan jamur, termasuk di area vagina.

Tak hanya itu, konsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi pun dapat membuat keputihan gatal dan lebih sering terjadi. Kondisi ini akan semakin parah jika vagina berada dalam keadaan lembab akibat kebersihannya yang kurang terjaga.

  • Telur

Telur merupakan salah satu makanan sumber protein dan kalori yang baik bagi tubuh. Namun, ternyata mengonsumsi telur secara berlebihan juga dapat menyebabkan keputihan. Bahkan, seorang wanita yang sedang tidak mengalami keputihan pun dapat mengalami keputihan karena tingginya kadar protein dan kalori pada telur. Maka dari itu, bagi para wanita sebaiknya tidak mengonsumsi telur secara berlebihan.

Baca Juga : 5 Penyebab Keputihan yang Tidak Normal

  • Asparagus

Asparagus memang sayuran yang menyehatkan dan memiliki banyak manfaat. Namun, tetap saja Anda harus membatasi konsumsi asparagus agar tidak berlebihan. Pasalnya asparagus termasuk salah satu makanan yang menyebabkan keputihan gatal.

Asparagus sapat mempengaruhi keseimbangan pH vagina, sehingga dapat menimbulkan bau yang cukup menyengat. Apabila keseimbangan pH terganggu, maka kemungkinan terjadinya keputihan menjadi lebih sering.

  • Timun

Selain asparagus, timun juga termasuk jenis makanan yang dapat menyebabkan keputihan jika dikonsumsi secara berlebih. Hal ini disebabkan karena, mentimun dapat meningkatkan  produksi hormon esterogen pada tubuh. Hormon tersebut dapat menyebabkan cairan yang ada pada vagina meningkat dengan pesat, yang pada akhirnya keluar dalam bentuk keputihan.

  • Nanas

Buah kuning dengan rasa yang menyegarkan ini sangat nikmat untuk dikonsumsi di musim panas. Namun, bagi Anda para wanita sebaiknya membatasi diri untuk mengonsumsi buah nanas ini. Pasalnya, buah ini dapat memicu produksi lendir berlebih pada vagina, sehingga menyebabkan keputihan.

4 Pengobatan Terbaik Tumpas Kanker Serviks Selamanya