Beberapa Makanan Ini Cocok untuk Darah Tinggi

0
8

Seputarherbal.com – Tekanan darah tinggi atau hipertensi, merupakan suatu kondisi dimana kekuatan aliran darah dari jantung menekan dan melawan arteri (dinding pembuluh darah) mengalami peningkatan. Penting bagi Anda untuk menghindari risiko tekanan darah tinggi, karena hal tersebut dapat berakibat fatal seperti menyebabkan serangan jantung. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui jenis-jenis makanan penurun darah tinggi agar mengetahui mana yang baik dan tidak baik untuk tekanan darah.

Tekanan darah tinggi ditunjukan dengan tekanan darah yang lebih dari angka 90/140 milimeter raksa (mmHG). Angka 90 mmHG merujuk pada bacaan diastolik, yaitu ketika jantung dalam keadaan rileks sambil mengisi kembali bilik-biliknya dengan darah. Sedangkan 140 mmHG menunjuk pada bacaan sistolik, yaitu ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh saat mengalami kontraksi.

Bagi Anda penderita tekanan darah tinggi, minum obat saja tidak cukup untuk menurunkan dan mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil. Dalam artikel ini kita akan merekomendasikan beberapa makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga : Beberapa Makanan Ini Cocok Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Berikut ini makanan penurun darah tinggi yang dapat Anda konsumsi sehari-hari :

  • Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan yang kaya akan kalium dan magnesium. Kedua mineral tersebut merupakan mineral yang penting dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kentang juga mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, cara pengolahan kentang yang ditambahkan dengan garam, justru dapat meningkatkan tekanan darah. Maka dari itu, bagi Anda penderita darah tinggi lebih baik mengonsumsi kentang yang diolah dengan cara direbus atau dipanggang tanpa ditambahkan garam.

  • Pisang

Siapa sangka jika buah yang satu ini dapat membantu menurunkan gula darah. Yap! Selain harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan, pisang juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut disebabkan karena, pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh penderita tekanan darah tinggi. Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung maupun disajikan dengan oatmeal.

  • Yoghurt

Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah kekurangan kalsium. maka dari itu, Anda perlu menambahkan asupan kalsium kedalam tubuh Anda. Salah satu makanan atau minuman yang kaya akan kalsium selain susu adalah yoghurt. Dalam 170 gram yoghurt terdapat sekitar 300 mg kalsium, setidaknya 1/3 kebutuhan kalsium dalam tubuh Anda sudah terpenuhi. Selain itu, yoghurt juga memiliki kandungan natrium yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.

  • Buah Beri

Buah beri, seperti strawberry, raspberry, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid yang tinggi. Senyawa tersebut dapat mencegah tekanan darah tinggi. Anda dapat menyajikan buah beri dengan yoghurt atau oatmeal.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti sawi, bayam, lobak, brokoli dan lain-lain juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Tak hanya itu, sayuran hijau juga diperkaya oleh kalsium yang juga berguna untuk penderita tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi sayuran hijau secara rutin agar dapat mengontrol tekanan darah Anda.

Obat Miom Alami dan 3 Persiapan Sebelum Operasi Miom