Buah Sebagai Pelengkap MPASI

0
134
makanan pendamping asi

Seputarherbal.com – Semua buah memiliki gizi yang sangat bermanfaat untuk bayi dan memang cocok dijadikan sebagai makanan sehat untuk bayi. Namun setidaknya buah untuk bayi harus yang memiliki tekstur yang lembut. Kenapa ? karena pencernaan bayi masih dalam tahap penyempurnaan. Jika di kasih buah dengan tekstur yang keras maka akan menggangu pencernaanya. Maka para jangan salah dalam pemberian makanan pendamping asi.

Bila bayi di beri buah pencernaannya terganggu , maka buah itu tidak cocok dijadikan makanan bayi. Ganti lah dengan yang lain, dan jika cocok teruskanlah. Disini seputar herbal merangkum beberapa makanan pendamping asi yang baik untuk sang bayi.

Apel

Apel memiliki kandungan gizi diantaranya, kalium,fosfor, magnesium, Vitamin A dan C. Cara penyajian yang disarankan, kupas kulitnya terlebih dahulu, lalu potong-potong kecil. Kemudian kukus dan lumatkan menggunakan sendok. Bisa dijadikan dalam bentuk pure atau finger food.

Pepaya

Pepaya mengandung kalsium, serat, magnesium, asam folat dan vitamin A. Manfaat dari pepaya bisa memutihkan kulit, bagus untuk pencernaan, untuk kesehatan mata, dan masih banyak lagi. Penyajiannya pun sama saja , biasanya para ibu langsung mengeruk dagingnya, lalu di berikan pada bayinya.

Jeruk

Kandungan gizi yang terdapat pada jeruk yaitu, kalsium,kalium,Vitamin A dan C, Serat dan asam folat. Manfaat jeruk yang juga bisa mengatasi sembelit dan masalah pencernaan sang bayi. Jeruk dapat di makan oleh bayi dengan mengambil airnya saja. Pemberian irisan jeruk secara langsung tidak disarankan , karena teksturnya yang kasar tidak cocok untuk bayi.

Baca Juga : Menu Diet Sehat

Pisang

Pisang biasanya dijadikan menu andalan oleh para ibu sebagai menu makanan untuk bayinya. Pisang juga sangat cocok dijadikan makanan untuk ibu menyusui. Kandungan pada pisang sangat bagus untuk kesehatan bayi, karena didalamnya mengandung asam folat, kalium dan Vitamin. Cara menyajikannya bisa dalam bentuk bubur atau dengan disajikan langsung dengan cara mengeruk daging pisangnya dengan sendok.

Tomat

Manfaat tomat untuk kesehatan memang sangat banyak, terutam untuk bayi. Kandungan yang terdpat pada tomat antara lain magnesium, asam folat, natrium dan serat. Jadi tomat sangat cocok bila dijadikan sebagai makanan pendamping asi. Cara penyajian tomat bisa dijadikan sebagai pelengkap pada bubur bayi.

Alpukat

Fosfor, kalium,kalsium dan vitamin C adalah gizi yang terkandung dalam alpukat. Selain nutrisi yang padat alpukat sangat mudah dipersiapkan untuk makanan bayi. Anda bisa memberikan buah ini saat beyi genap berusia 4-6 bulan. Alpukan juga bagus bila dijadikan makanan untuk ibu hamil.

Baca Juga : Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here