Home Kesehatan Makanan untuk Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

Makanan untuk Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

0
11

Superherbal.com – Makanan Penambah Tensi Darah. Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah di dalam arteri lebih rendah daripada batas normal, yakni di bawah 90/60 mmHg. Kondisi ini biasanya menimbulkan beberapa gejala, seperti pusing, lemas, jantung berdebar kencang, napas pendek, kehilangan keseimbangan, hingga pingsan.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, beberapa orang memilik untuk segera mendudukan atau membaringkan tubuhnya, minum air putih, dan menghentikan semua aktivitas yang dilakukan. Gejala yang ditasakan saat mengalami hipotensi biasanya akan hilang setelah beberapa saat. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan tekanan darah, sehingga tubuh akan terhindar dari gejala-gejala hipotensi. Lantas, apa saja makanan tersebut? Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini beberapa makanan untuk menambah tekanan darah :

  • Wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang dikenal untuk menjaga kesehatan mata. Namun, selain dapat menjaga kesehatan mata, ternyata wortel juga dapat dikonsumsi untuk membantu meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh. Pasalnya, kandungan vitamin A yang dimiliki wortel dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, serta mengatur tekanan darah sehingga menjadi stabil.

Baca Juga : Tips Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

  • Buah Bit

Buah bit memiliki kandungan zat besi dan folat yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Pasalnya, kedua zat tersebut merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel darah merah. Dengan mengonsumsi buah bit secara teratur, maka dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Sehingga, sel darah yang rusak dapat segera diganti dengan sel darah baru.

  • Gandum

Gandum juga merupkana salah satu makanan sehat yang dapat membantu memperbanyak produksi sel darah merah di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena gandum merupakan makanan yang mengandung zat besi, yang memang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Maka dari itu, konsumsi makanan yang berbahan dasar gandum seperti roti gandum atau sereal, juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh.

  • Bayam

Selain gandum, bayam juga dapat Anda konsumsi untuk membantu meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena bayam memiliki kandungan kalium dan folat yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, bayam juga dilengkapi dengan kandungan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas, sehingga dapat mencegah kerusakan sel.

  • Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang polong, kacang hijau, dan kacang merah dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan. Denngan begitu, tekanan darah pun akan meningkat.

Bisa Sembuh dengan Obat Kanker Hati HERBAL