Alasan Mengapa Makanan Terasa Hambar Ketika Sakit

0
45

Seputarherbal.com – Saat terserang demam, maka Anda akan merasakan lemas, tidak enak badan, sakit kepala disertai pandangan yang berputar yang menghangat. Selain itu, nafsu makan juga akan berkurang lantaran semua makanan terasa hambar dan lidah terasa pahit. Alasan makanan hambar ketika sakit adalah, meningkatnya suhu tubuh saat demam. Suhu tubuh yang menghangat, membuat otak yang bekerja untuk menerjemahkan rasa mengalami penurunan fungsi untuk sementara. Hal tersebut lah yang menyebabkan lidah tidak bisa membedakan rasa, akibatnya otak pun hanya menganggap rasa makanan yang Anda konsumsi pahit atau hambar meski memiliki rasa yang kuat. Kondisi seperti ini akan terus berjalan meskipun suhu tubuh sudah turun. Akan tetapi akan kembali normal ketika Anda telah sembuh total.

Meskipun nafsu makan hilang karena lidah terasa hambar atau pahit, Anda tetap harus mengisi perut Anda agar energi dan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi. Berikut beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan ketika sedang sakit :

  • Makan Buah Jeruk

Rasa pahit di lidah Anda dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung asam seperti jeruk dan lemon. Selain rasanya yang segar dan kandungan nutrisinya baik untuk kesehatan, buah-buahan ini dapat memicu produksi air liur, yang mana akan membantu mulut untuk menghilangkan rasa pahit di lidah.

Baca Juga : Penyebab Sakit Maag

  • Makan Sedikit tapi Sering

Ketika sakit, Anda biasanya akan kesulitan mengonsusi makanan dalam porsi biasa seperti ketika Anda sehat. Tidak perlu dipaksa, Anda dapat mengurangi porsi makan Anda hingga setengah atau seperempatnya. Namun, dalam waktu beberapa jam Anda harus mengisi kembali perut Anda. Hal tersebut dapat membantu sistem pencernaan agar tidak bekerja terlalu keras tiap kali ada makanan masuk.

  • Tambahkan Rempah-Rempah

Anda dapat memperkuat rasa makanan dengan menambahkan rempah-rempah alami ketika lidah terasa pahit. Selain menambah cita rasa makanan, rempah-rempah juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Anda. Anda dapat menambahkan lada, jahe atau kayu manis dalam masakan Anda. Selain itu, Anda juga dapat meminum teh jahe dan kau manis sebagai pengganti air putih yang biasanya terasa pahit di lidah ketika Anda sedang dalam kondisi tidak sehat.

  • Makan Makanan Bergizi

Anda perlu mengetahui bahwa pada dasarnya tubuh membutuhkan nutrisi berupa vitamin, protein dan mineral. Maka dari itu, perbanyak makanan bergizi seperti sayur, daging ayam, daging sapi dan buah-buahan. Hal tersebut lebih baik dibanding Anda mengonsumsi banyak makanan, akan tetapi gizinya tidak seimbang.

Harga Promo | Obat Kanker & Tumor Teregistrasi BPOM