Macam-Macam Terapi Hormon Miom

0
29
terapi hormon miom

Miom merupakan penyakit yang banyak mengahantui wanita. Pasalnya penyakit yang tumbuh pada daerah miom ini dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian bawah perut, terutama ketika haid. Selain itu, miom juga mempengaruhi kesubuhan seorang wanita. Shingga tak sedikit penderita miom yang kesulitan mendapatkan keturunan. Maka dari itu banyak penderitanya yang mencari cara untuk menyembuhkan penyakit ini. Salah satu pengobatan medis yang juga banyak dicoba adalah terapi hormon miom.

Untuk menjalani suatu prosedur perngobtan perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter. Misalnya dengan ukuran miom yang kecil dan tidak timbul gejala yang menganggu, maka tidak diperlukan pengobatan. Biasanya dokter lebih kepada menganjurkan untuk melakukan pola hidup sehat sambil memantau. Karena miom yang masih kecil dapat menyusut dengan sendirinya. Pada wanita yang mendekati menopause juga secara alami miom dapat mengecil.

Namun jika sudah menggagu aktifitas maka diperlukan penanganan. Penangana yang dilakukan juga bermacam-macam tergantung seberapa parah miom. Penanganan yang biasanya dianjurkan dokter adalah terapi obat, terapi hormone dan tindakan operasi. Meski jalur operasi lebih cepat dalam mengatasi miom, namun tak sedikit yang takut dengan tindakan operasi. Dan kebanyakan dari mereka memilih melakukan terapi obat atau hormone.

terapi hormon miom

Pada terapi hormon miom butuh waktu sedikit lebih lama dalam mengecilkan ukuran miom. Namun, lebih berpengaruh untuk meredakan atau mengurangi gejala nyeri pada miom. Nyeri yang timbul biasanya dikarenakan miom meradang. Peradangan ini akan semakin terasa ketika menstrusi dan dapat menyebabkan pendarahan. Pendarahan ini juga berisiko terjadinya anemia dan juga lemas. Berikut terapi hormone yang biasanya dilakukan pada pasien miom :

Pil KB

Pil KB tak hanya berfungsi sebagai alat kontrasepsi. Tapi juga dapat mengurangi perdarahan dan juga rasa nyeri saat menstruasi.

Hormon progesterone

Tubuh seorang wnaita sudah secara otomatis menghasilkan hormone progesterone. Namun, diperlukan hormone progestron tambahan untuk membantu menghambat pertumbuhan miom pada dinding rahim. Hormon ini juga berfungsi untuk mengurangi risiko perdarahan ketika menstruasi. Tambahan hormon progesteron ini tersedia dalam 2 bentuk, yaitu pil atau suntik.

Gonadotropin releasing hormone (GnRH)

Selain hormone progestron, hormon yang satu ini penting dalam membantu mengobati miom. GnRH dapat mengurangi tubuh untuk memproduksi hormon estrogen. Kelebihan estrogen merupakan salah satu pemicu miom membesar. Sehingga dengan menekan produksi hormone estrogen dapat membantu mengecilkan miom.

KB spiral levonorgestrel

Selain KB pil, KB spiral levonorgestrel juga dapat membantu pengobatan miom. KB ini akan diletakkan dalam rahim, guna melambatkan pertumbuhan dinding rahim. KB  ini juga dapat mengurangi risiko pendarahan.

Meski beberapa obat terapi hormone mudah didapatkan, seperti KB pil. Namun, diperlukan aturan pakai sesuai dengan anjuran dokter.

Selain dengan terapi hormone, bagi mereka yang takut melakuakn operasi juga dapat menggunakan obat herbal. Obat herbal yang disarakan untuk membantu menghacurkan miom adalah obat herbal Ling Shen Yao. Ling Shen Yao sudah terbukti ampuh dalam mengobati miom tanpa operasi selama 30 tahun. Obat herbal Ling Shen Yao juga dibuat dengan teknologi modern dengan menggunakan 100% bahan alami. Sehingga aman untuk konsumsi anak dan ibu hamil.

terapi hormon miom

Untuk cara konsumsisinya pun mudah karena disedikan 2 bentuk obat untuk dikonsumsi, yaitu kapsul dan serbuk. Khasiat Ling Shen Yao kapsul dan serbuk tidak ada perbedaan, hanya bed acara konsumsinya saja. Pengobatan herbal ini disarankan untuk 3 bulan, namun jika masih ada sisa miom dapat diteruskan hingga tuntas. Untuk info lebih lanjut kunjungi webnya di https://lingshenyao.id/