Macam-Macam Senam Kebugaran Jasmani

0
92
Macam-Macam Senam

Seputarherbal.com – Ada banyak macam-macam senam kebugaran jasmani yang bisa anda kerjakan dirumah tanpa haru didampingi oleh pelatih. Sebelum membahasnya alangkah lebih baiknya kita mengetahui dulu apa itu kebugaran jasmani.

Kebugaran jasmani adalah tingkat kesanggupan seseorang terhadap sebuah pekerjaan yang dikerjakan tanpa merasa kelelahan. Yang bila ingin mencapainya harus mengerjakan beberapa latihan berupa kekuatan, ketahanan, kelincahan, keseimbangan, ketepatan, daya tahan tubuh, dan kelenturan. Itulah yang harus di miliki oleh seseorang bila ingin memiliki tubuh yang sempurna.

Agar semua itu tercapai, marilah kita simak lebih detail mengenai macam-macam senam tersebut :

Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan ini bisa anda lakukan dengan cara mengangkat benda berat untuk meningkatkan masa otot. Terdapat dua cara untuk meningkatkan masa otot, yang pertama anda bisa mengangkat beban eksternal seperti dumbel yang biasa ditemukan di tempat gym. Dan yang kedua dengan beban internal yaitu mengangkat badan kita sendiri, cara nya bisa dengan melakukan push-up atau back-up. Jika anda tidak punya waktu untuk ke tempat fitnes , disarankan untuk memilih cara yang kedua.

Baca Juga : Jenis Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung

Latihan Daya Tahan

Latihan daya tahan dimaksudkan agar melatih kekuatan fisik untuk melakukan gerakan secara berkali-kali agar tidak merasa cepat lelah. Latihan ini bisa dilakukan dengan cara mengangkat beban secara berulang-ulang, dan nanti akan terlihat sebera kuatnya anda untuk mengangkatnya.

Latihan Kelincahan

Melatih kelincahan bertujuan agar seseorang dapat bergerak secara berubah ubah dengan akuran secara seimbang. Cara melatih kelincahan bisa dilakukan dengan berlari zig-zag, lari melompati rintangan, berlari kedepan dan kembali lagi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Latihan Keseimbangan

Keseimbangan tubuh sangat di perlukan, apa lagi bagi anda yang ingin memiliki gerakan yang lincah. Kelincahan dan kesimbangan salih berhubungan, jika anda tidak memliki keseimbangan yang bagus, maka melakukan gerakan lincah pun akan sulit. Ada 4 cara yang umumnya dilakukan oleh kebanyakan orang untuk melatih keseimbangan, antara lain seperti :

  1. Berjalan diatas balok kayu, dan berusaha untuk menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh.
  2. Berdiri dengan menggunakan satu kaki secara bergantian
  3. Berdiri dengan satu kaki kemudian jongkok dan berdiri lagi.
  4. Duduk dan menaikan kedua kaki, tujuannya untuk melatih keseimbangan antara kaku dan punggung.

Latihan Kecepatan

Kecepatan diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk berpindah tempat dengan tempo yang secepat mungkin. Atau dapat juga diartikan sebagai keahlian melakukan aktifitas dengan waktu yang cepat. Kecepatan tersebut biasanya sering dimaksudkan pada kecepatan berlari pada setiap orang. Latihan kecepatan refleks juga bisa dilatih melalui insting seseorang agar lebih peka.

Latihan Kelenturan

Latihan ini dimaksudkan untuk melatikelenturan otot fisik supaya tidak kaku agar tidak mengurangi kelincahan dalam bergerak. Cara melatihnya bisa dikembangkan dengan peragangan statis maupun dinamis. Jika dinamis melakukannya dengan menggerakan anggota badan dengan tempo yang dama atau disebut bouncing. Sedangkan peregangan statis yaitu melenturkan anggota tubuh dalam kondisi diam dalam beberapa waktu.

https://lingshenyao.id/cara-pengobatan-penyakit-kista-yang-paling-gampang/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here