Macam- macam Push Up Untuk Pemula dan Professional

0
171
Cara Push Up Yang Benar

Apa Itu Push Up ?

Push up termasuk kepada jenis senam kekuatan yang fungsinya untuk melatih dan menguatkan otot bisep dan trisep. Untuk melakukan push up yang umum yaitu, ambil posisi awal tidur tengkurap dilantai, dan letakan tangan di bawah dada kiri dan kanan. Kemudian angkat badan atau seolah anda sedang mendorong lantai dan usahakan badan dan kaki tetap dalam posisi tegak lurus. Setelah itu turunkan badan tanpa menyentuh lantai, naik dan turun lagi seterusnya tanpa mengganggu posisi badan dan kaki yang tegak lurus.

Baca Juga : Olahraga Kardio

Manfaat Push-Up

Push up bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh dan yang paling banyak orang lati adalah otot bisep dan trisep. Tapi sebetulnya masih banyak manfaat lain dari gerakan push up yaitu untuk otot dada atas, punggung dan trapezius. Di sisi lain push up juga bisa menggantikan olahraga kardio anda, yaitu fungsinya untuk membantu dalam menghilangkan lemak.

Macam-macam Push Up

Seperti yang sudah dijanjikan pada judul, bahwa artikel kali ini akan membahas macam-macam push up. Banya sekali jenis push up yang harus kita ketahui, karena gerakan yang berbeda akan menghasilkan sesuatu yang berbeda juga. Berikut diantaranya :

  • Knee push up : Push up yang dilakukan dengan menggunakan empat tumpuan, yaitu dua tangan dan kaki.
  • Wide Push Up : Push up dilakukan dengan cara melebar, caranya ambil posisi push up biasa ,lalu lebarkan tangan sampai terlihat lebih lebar dari bahu. Jenis push up ini di tujukan unruk melatih dada dan bahu.
  • Triangle Push Up : gerakan yang bertujuan untuk membentuk otot lengan bawah. Cara melakukannya sama dengan push up biasa, tapi gunakan kedua teluntuk dan jempol anda untuk membuat segitiga.
  • Single Leg Raised Push Up : Push up ini bertujuan untuk melatih otot di sekitar perut. Cara melakukannya, ambil posisi push up biasa, tapi satu kaki di angkat keatas. Lalukanlah gerakan push up dengan menyeimbangkan badan hanya dengan 1 kaki.
  • Clap Push Up : Gerakan ini bukan untuk melatih otot, melainkan untuk meningkatkan kekuatan eksplosif pada lengan dan dada. Misalnya untuk olahraga basket, voley dan bulu tangkis yang memerlukan kelincahan tangan, nah push up ini perlu anda kuasai. Untuk caranya sama saja seperti biasa, namun saat anda jangan mengangkat badan. Tapi melontarkan badan, sehingga tangan terangakat di lantai dan pada saat itu lakukan 1 kali tepuk tangan, dan tempelkan tangan kembali ke lantai.
  • Spiderman Push-up : Tujuan gerakan ini untuk mengencangkan otot dada dan perut bagian samping. Cara nya sama saja, hanya anda harus menekuk salah satu kali layaknya spiderman yang sedang merayap. Lakukanlah secara bergantian dengan kakli yang lainnya.
  • Push-Up Mengepal : Gerakan untuk melatih otot siku dan tangan ini dilakukan seperti biasa tapi dengan mengepalkan tangan sebagai tumpuannya.
  • 1.5 Push Up : Latihan untuk menguatkan otot tangan, namun cara ini biasanya dilakukan oleh orang yang sudah mahir. Cara melakukannnya , yaitu setiap gerakan push-up, angkat tubuh Anda, dan turunkan tubuh setengahnya kemudian tahan, lalu turun penuh.
  • Triangle Brazilian Push-Up : Gerakan ini di populerkan di Brazil dengan mengandalkan 1 tangan untuk mengangkat dan mengendalikan tubuh.

https://lingshenyao.id/obat-kista-alami-dari-tumbuhan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here