Home Kesehatan Leher Hitam, Apakah Tanda Suatu Penyakit?

Leher Hitam, Apakah Tanda Suatu Penyakit?

0
79

Seputarherbal.com – Leher hitam tanda penyakit apa? Banyak orang yang memiliki leher hitam dan tebal. Keadaan tersebut banyak terjadi pada wanita bertubuh gemuk. Hal tersebut bahkan tak jarang mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Namun apakah warna leher yang lebih gelap hanya merupakan faktor dari kebersihan? Kebanyakan orang mengira bahwa warna hitam pada leher adalah daki. Namun nyatanya tidak seperti itu. Leher yang berwarna hitam bisa jadi merupakan tanda dari suatu penyakit. Penyakit apa saja yang ditandai dengan leher yang menghitam? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : Jenis Kanker Kulit yang Perlu Anda Waspadai !

Faktor penyebab leher hitam :

  • Faktor Genetik

Faktor genetik (keturunan) merupakan salah satu penyebab dari leher hitam. Kondisi seperti ini, bisa disebut juga dengan Acanthosis nigricans, yaitu kondisi dimana leher hitam sejak lahir. Kondisi tersebut juga akan bertambah parah seiring dengan bertambahnya berat badan dan usia. Selain itu leher hitam juga dapat disebabkan karena, adanya kelainan pada endokrin. Kelainan endokrin dapat membuat nafsu makan meningkat secara berlebih, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan kelebihan berat badan (obesitas) dan menghitamnya kulit leher.

  • Penyakit Addison

Leher hitam atau perubahan warna kulit lainnya juga bisa jadi gejala dari penyakit addison. Addison merupakan suatu penyakit, dimana adanya gangguan yang menimpa kelenjar adrenal yang tidak dapat menghasilkan hormon dalam jumlah sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Penyakit ini lebih banyak ditemukan pada orang dengan rentang usia 30 – 50 tahun. Gejala yang dirasakan tidak hanya perubahan warna kulit, akan tetapi gejala lain seperti nafsu makan menurun, mudah lelah, gula darah rendah, dehidrasi, nyeri pinggang dan hilang kesadaran juga dapat dirasakan oleh seseorang yang menderita penyakit addison.

  • Penyakit Diabetes

Pada dasarnya, kulit leher yang menebal dan menghitam lebih sering dialami oleh orang yang gemuk. Namun selain orang berbadan gemuk, penderita diabetes juga sering mengalami perubahan warna kulit pada leher, sehingga kulit leher menjadilebih gelap. Diabetes dapat menyebabkan kulit mengalami resistensi terhadap insulin, sehingga membuat leher menjadi hitam hingga terjadinya poliferasi.

  • Penyakit Hypothyroidism

Hypothyroidism merupakan gangguan kesehatan yang menyerang kelenjar tiroid atau yang juga dikenal dengan istilah gondok. Salah satu gejala yang paling sering ditimbulkan dari penyakit ini adalah, menghitam dan mengeringnya kulit. Selain itu, penyakit ini juga ditandai dengan kondisi tubuh yang mudah lelah, terjadinya sembelit, nyeri otot, rambut rontok yang tidak biasa hingga menstruasi yang tidak teratur.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami-ling-shen-yao/