Tips Menghilangkan Aroma Tidak Sedap pada Kaki

0
45

Seputarherbal.com – Memiliki kaki yang beraroma tidak sedap, tentunya membuat Anda merasa terganggu dan tidak percaya diri. Bau kaki, pada dasarnya menunjukan bahwa adanya penumpukan bakteri jahat di kaki Anda. Penyebab bau kaki sendiri bermacam-macam, seperti jarang mengganti kaos kaki, kebersihan sepatu yang tidak dijaga, terlalu lama menggunakan kaos kaki, dan kondisi kaki yang lembab saat menggunakan kaos kaki ataupun sepatu. Kondisi tersebut memicu perkembangan bakteri dan kuman yang menyebabkan bau kaki. Namun Anda tidak perlu khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas tips agar tidak bau kaki dengan menggunakan bahan alami. Lakukan ini agar tidak bau kaki :

  • Rendam Kaki di Air Garam

Salah satu cara untuk mengatasi bau tidak sedap pada kaki adalah dengan merendamkan kaki Anda kedalam air garam. Seperti yang tadi telah dibahas, bahwa salah satu penyebab bau kaki adalah kondisi kaki yang lembab. Nah, garam merupakan senyawa mineral yang memiliki daya serap tinggi, sehingga mampu menurunkan kadar kelembaban di kaki Anda. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu melarutkan lima sendok garam dapur (bukan garam halus) kedalam baskom yang telah diisi dengan air hangat. Lakukan perawatan ini setiap hari selesai melakukan aktivitas. Selain dapat menghilangkan bau kaki, air garam ini juga berguna untuk relaksasi otot.

  • Rendam Kaki di Air Teh

Selain nikmat untuk diminum, air teh juga mampu menghilangkan bau yang tidak sedap khususnya pada area kaki. teh mengandung senyawa flavonoid daan tanin yang memiliki sifat anti-bakteri, sehingga mampu membasmi bakteri dan kuman yang menyebabkan bau kaki. Caranya adalah, tuangkan air panas ke baskom yang telah diisi daun teh, tunggu hingga airnya hangat lalu rendam kaki Anda kedalam air teh tersebut. Lakukan perawatan ini setiap hari selesai melakukan aktivitas.

  • Menggunakan Masker Kopi

Tak hanya berguna untuk perawatan wajah, masker kopi juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi bau kaki. Kafein yang terdapat pada kopi dapat menyerap senyawa sulfur yang menyebabkan aroma tidak sedap. Cara membuat masker kopi pun cukup mudah, larutkan kopi bubuk dengan sedikit air panas hingga teksturnya seperti pasta. Kemudian oleskan masker kopi yang telah dibuat ke seluruh permukaan kaki dan diamkan hingga mengering. Setelah mengering bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari selesai melakukan aktivitas.

Baca juga : Tips Agar Selalu Awet Muda

  • Menggunakan Jeruk Nipis

Selain memiliki aroma yang menyegarkan, jeruk nipis juga kerap dijadikan bahan untuk perawatan wajah karena kaya akan vitamin C. Selain itu, jeruk nipis juga memiliki sifat anti-bakteri, yang mana sangat cocok digunakan untuk mengatasi bau tidak sedap pada kaki. Caranya adalah, dengan membalurkan air perasan jeruk nipis secara merata ke seluruh permukaan kaki. Kemudian diamkan beberapa menit hingga kulit Anda terasa kaku, lalu bilas dengan air hingga bersih.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kanker/