Kenali Gejala dan Penyebab Hipertensi pada Anak

0
220

Seputarherbal.com – Krisis Hipertensi pada Anak. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana tekanan darah berada di atas angka normal (130/80 mmHg atau lebih). Kondisi ini biasanya dialami oleh orang dewasa atau lanjut usia, sehingga jarang diketahui bahwa hipertensi juga dapat terjadi pada anak-anak. Lantas, apa penyebab terjadinya hipertensi pada anak? Simak ulasan di bawah ini.

Pada dasarnya, tekanan darah diukur dari seberapa kuatnya tekanan yang diberikan ketika darah mengalir melalui arteri atau pembuluh darah. Namun, pada penderita hipertensi, darah yang dipompa memberikan tekanan yang terlalu kuat ke pembuluh darah, sehingga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah tersebut, jantung, hingga organ tubuh lainnya.

Gejala Hipertensi pada Anak

Hampir sama dengan yang terjadi pada orang dewasa, krisis hipertensi pada anak juga sering kali tidak menimbulkan gejala apapun. Meskipun begitu, kondisi hipertensi yang tergolong serius memerlukan penanganan yang tepat. Gejala umum yang dapat terjadi antara lain adalah sakit kepala, mual, sesak napas, jantung berdebar, nyeri dada, hingga kejang. Apabila anak mengalami gejala ini, maka segeralah mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Baca Juga : Gejala tipes Pada Anak

Penyebab Hipertensi pada Anak

Beberapa kondisi di bawah ini dapat menyebabkan anak mengalami kondisi hipertensi. Diantaranya adalah :

  • Faktor Turunan atau Bawaan Sejak Lahir

Hipertensi pada anak umumnya disebabkan oleh berbagai macam kondisi kesehatan lain yang dapat memengaruhi aliran darah. Diantaranya adalah penyakit jantung bawaan, gangguan hormonal, penyakit ginjal, maupun faktor kelainan genetik.

  • Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Ringan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan ringan juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya hipertensi pada anak. Pasalnya, anak-anak memang menyukai beragam makanan ringan, terutamam yang mengandung gula. Hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan pada anak, sehingga dapat memicu terjadinya hipertensi. Hipertensi pada anak yang disebabkan oleh obesitas biasanya dialami oleh anak berusia 7 tahun ke atas. Maka dari itu, penting bagi Anda para otang tua, untuk memantau apa saja yang dikonsumsi oleh anak.

  • Kurang Beraktivitas

Selain terlalu banyak mengonsumsi makanan ringan, hipertensi pada anak juga dapat terjadi akibat anak kurang aktif untuk bergerak dan lebi sering bermalas-malasan di rumah. Anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk duduk diam, seperti menonton TV atau bermain game memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena hipertensi dibandingkan dengan anak-anak lain yang memiliki aktivitas fisik baik.

OBAT TRADISIONAL MIOM Terbaik TANPA OPERASI