Komplikasi yang Diakibatkan Penyakit Lupus

0
30
Young woman portrait in the mirror of her bathroom after taking shower.

Seputarherbal.com – Lupus merupakan penyakit autoimun yang menyababkan kerusakan pada sel-sel tubuh dan terjadinya peradangan. Penyakit ini dapat mengakibatkan kekeliruan pada sistem imun, yaitu dimana sistem imun tudak dapat membedakan antara jaringan yang baik dan yang membahayakan tubuh. Hal tersebut menyebabkan sistem imun yang seharusnya melindungi tubuh, malah justru menyerang tubuh itu sendiri. Lalu apa bahaya penyakit lupus?

Berikut Ini Bebebrapa tipe penyakit lupus yang perlu Anda ketahui :

  • Lupus Akibat Penggunaan Obat

Penggunaan Obat, terutama obat-obatan kimia tentunya akan menimbulkan efek samping yang akan dialami oleh penggunanya. Banyak obat-obatan yang menimbulkan efek samping seperti gejala lupus pada beberapa penggunanya. Akan tetapi, saat penggunaan obat tersebut berhenti, maka efek samping yang ditimbulkan obat tersebut pun akan hilang. Jika gejala lupus yang Anda alami merupakan lupus akibat penggunaan obat, maka gejala lupus akan sembuh saat Anda berhenti mengonsumsi obat tersebut.

  • Lupus Eritematosus Diskoid

Lupus Eritematosus Diskoid, merupakan jenis penyakit lupus yang berfokus dalam menyerang kulit. Meskipun begitu, jenis lupus ini tidak hanya menyerang bagian kulit saja, melainkan juga menyerang bagian tubuh lain. Bagi Anda penderita lupus eritematosus diskoid, sebaiknya Anda menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Selain paparan sinar matahari, paparan obat-obatan pun sebaiknya dihindari, karena dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah dan menyebabkan terjadinya pitak yang permanen. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit lupus berupa munculnya ruam bulat berwarna merah yang menyerupai sisik pada kulit yang mana dapat menebal dan berbekas.

  • Lupus Eritematosus Sistemik

Lupus Eritematosus Sistemik merupakan jenis lupus yang paling umum diderita. Lupus jenis inilah yang mampu menyerang organ dan jaringan tubuh manapun. Akibat dari serangan tersebut bermacam-macam mulai dari ringan hingga yang parah atau serius. Gejala dari penyakit ini pun sering kali muncul secara mendadak. Biasanya, penderita akan mengalami beberapa gejala awal yang cukup ringan, namun dalam jangka waktu yang sangat panjang.

Baca Juga : Bagaimakah Cara Penularan Penyakit Lupus?

Penyakit lupus yang tidak segera ditangani akan berdampak buruk untuk kesehatan, seperti dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi. Berikut komplikasi yang dapat terjadi akibat penyakit lupus :

  • Komplikasi pada Ginjal

Penyakit lupus yang dibiarkan terus-menerus tanpa diobati, dapat menyebabkan peradangan pada ginjal hingga menyebabkan penyakit ginjal yang lebih serius. Penderita bahkan harus melakukan cuci darah rutin hingga cangkok ginjal. Komplikasi ginjal yang disebabkan oleh lupus ini disebut dengan lupus nefritis.

  • Komplikasi Sel Darah

Penyakit lupus juga dapat menyebabkan anemia, pembekuan darah dan juga meningkatkan risiko terjadinya pendarahan.

  • Komplikasi Kehamilan

Bagi Anda penderita lupus yang tengah hammil, maka Anda harus waspada terhadap komplikasi yang mungkin terjadi dalam masa kehamilan Anda. Komplikasi yang dapat terjadi berupa kelahiran prematur, preeklamsia hingga keguguran.

  • Komplikasi pada Otak

Penderita lupus kerap mengalami sakit kepala, pusing, halusinasi, perubahan prilaku bahkan hingga kejang-kejang dan stroke. Hal tersebut memungkinkan lupus telah menyerang otak, yang dapat mempengaruhi ingatan seseorang.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kista/