3 Penyebab Utama Munculnya Benjolan pada Gusi

0
208

Seputarherbal.com – Kista Gusi Sembuh Sendiri. Munculnya benjolan di gusi memang kerap membuat seseorang merasa panik dan khawatir akan adanya penyakit berbahaya, seperti tumor dan kanker. Lantas, apa penyebab munculnya benjolan pada gusi?

Tak hanya gigi, gusi juga merupakan bagian dalam mulut yang perlu Anda perhatikan guna menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, kebersihan dan kesehatan mulut juga berperan penting dalam mengurangi risiko munculnya penyakit serius pada diri Anda.

Gusi sendiri merupakan jaringan lunak berwarna merah muda yang ada di dala mulut dan berfungsi sebagai tempat di mana gigi Anda tumbuh dan menetap. Banyak orang yang menyepelekan kebersihakn gusi, sehingga pada akhirnya dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunnya muncul benjolan di area gusi. Munculnya benjolan ini dapat disebabkan oleh berbagai penyakit gigi dan mulut.

Bahkan, munculnya benjolan di gusi sendiri masih saja sering diabaikan oleh penderitanya. Terkadang, benjolan baru akan disadari ketika ukurannya sudah semakin membesar. Padahal kondisi ini harus segera diatasi dan tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya benjolan pada gusi, yaitu :

  • Kista Gigi

Kista gigi merupakan sebuah kantung atau benjolan berisi cairan, udara, atau bahan lunak lainnya, yang terbentuk pada gusi di sekitar gigi. Jenis kista ini biasanya terbentuk di area akar gigi yang terkubur atau mati.

Kista gugu muncul secara perlahan dari waktu ke waktu dan tidak menimbulkan gejala kecuali saat menjadi infeksi. Hal ini tentunya membuat penderita jarang menyadari keberadaannya dan baru mengetahui ketika ukuran kista sudah semakin membesar. Selain itu, ketika ukurannya semakin membesar, kista gigi akan memberi tekanan pada gigi dan menyebabkan kelemahan pada rahang dari waktu ke waktu.

Umumnya, untuk mengatasi masalah kista gigi, dibutuhkan prosedur bedah mulut sederhana. Dalam prosedur ini, dokter juga biasanya akan mengambil jaringan akar yang mati guna mencegah munculnya kista kembali.

Baca Juga : Obat Herbal untuk Sembuhkan Bahaya Kista Ovarium

  • Abses Gusi

Selain kista, penyebab lain yang dapat memicu munculnya benjolan pada gusi adalah abses gusi. Abses gusi sendiri merupakan kumpulan nanah yang terbentuk di dalam gigi, gusi, atau tulang yang menahan gigi. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri.

  • Radang Gusi

Radang gusi atau gingivitis merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi di gusi Anda. Kondisi ini menyebabkan gusi mengalami iritasi, kemerahan, serta menimbulkan pembengkakan, serta benjolan di gusi Anda. Meskipun tergolong umum, namun kondisi ini tidak dapat dipandang sebelah mata, sebab dapat menyebabkan masalah yang lebih serius apabila tidak segera ditangani. Radang gusi sendiri dapat disebabkan akibat kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik.

Bebas Kista TANPA OPERASI | OBAT HERBAL