Kista Sudah Berukuran 4cm, Apakah Berbahaya ?

0
219
kista 4cm apakah berbahaya

Seputarherbal.com – Kista yaitu sebuah kantong yang berisi cairan, yang berkembang di dalam indung telur. Kista ini berkembang dan letak keberadaanya bisa di kiri, kanan maupun keduanya. Kista terbagi beberapa jenis di antaranya yaitu :

Kista Fungsional

Kista ini merupakan jenis kista yang paling sering terjadi dan pembentukannya ada dalam siklus haid normal.

Kista Neoplastik

kista ini terbentuk oleh pertumbuhan sel-sel yang berlebihan, sifatnyapun berbeda-beda bisa jinak atau ganas .

Kista Teratoma

Kista biasanya berisi cairan, namun kista teritoma juga mengandung rambut, tulang dll.

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

Kista ini diakibatkan oleh produksi hormon androgen yang berlebihan.

https://lingshenyao.id/obat-kista-alami-dari-tumbuhan/

Gejala Kista

Kista jarang sekali terdeteksi, karena gejalanya yang tidak terasa. Tapi pada beberapa kondisi kista bisa menimbulkan gejala seperti berikut :

  • selalu ingin BAB
  • nyeri saat berhubungan seksual ketika penetrasi dalam
  • sering buang air kecil atau kencing
  • siklus tidak teratur
  • nyeri dibagian bawah/panggulKista bisa saja pecah dan bila itu terjadi bisa membuat sakit pada perut secara keseluruhan, baik itu merasa perut kembung atau bisa seperti ada yang meremas perut.

Apa Kista Perlu Dioperasi

Penjelasan di atas sudah menerangkan apa kista dan seperti apa penyebabnya, lalu pertanyaannya jika kista sudah 4cm apakah berbahaya atau harus segera operasi atau harus seperti apa penanganannya.

Jadi begini, kista itu tidak terasa gejalanya, bahkan saking tidak terasa gejala itu anda sampai tidak menyadari bahwa anda terkena kista. Anda bisa saja menyadari ketika sedang melakukan pemeriksaan kehamilan atau USG, dan tiba-tiba ada kista yang telah berukuran 4cm misal.

Pada dasarnya kista bisa berbahaya juga, bila menimbulkan gejala seperti nafas menjadi cepat, selalu pusing dan suka pingsan, muntah, demam, dan sering merasa lemah. Nah jika gejala yang anda rasakan seperti itu, maka bisa di katakan kista sudah berbahaya. Kondisi pada gejala tersebut bisa di indikasi bahwa kista sudah membesar dan telah pecah serta bisa menyebabkan pendarahan yang hebat.

“” Jadi kesimpulannya, kista bisa di katakan berbahaya jika menimbulkan gejala seperti diatas. Ukuran 4cm memang relatif besar, tapi ada yang menimbulkan gejala ada yang tidak, tergantung pada setiap orang. Tapi dengan ukuran yang sebesar itu sangat masuk akan bila itu akan membuat ketidaknyamanan apa lagi terletak di indung telur. “”

~ Kista anda masih kecil tapi ada gejala yang mirip seperti kista

~ Kista sudah terlihat membesar tapi tidak ada gejala apa2

Kecil atau besarnya ukuran, terasa atau tidak nya gejala yang dirasakan. Proses penyembuhan itu penting, ada baiknya anda segera berkonsultasi pada dokter.

Baca Juga :

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here