Manfaat Pucuk Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh

0
198

Seputarherbal.com – Khasiat Pucuk Daun Mangga. Siapa yang tidak menyukai buah mangga? Buah yang memiliki cita rasa segar dan nikmat ini juga dilengkapi dengan berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Disamping itu, masih banyak orang yang belum mengetahui, bahwa selain buahnya, bagian daun mangga pun memiliki khasiat yang tak kalah baik.

Mangga sendiri merupakan jenis tanaman yang dapat ditemukan dan hidup dengan mudah. Bahkan pohon mangga dapat ditemukan di halaman rumah penduduk. Meskipun begitu, kebanyakan orang tidak mengetahui khasiat daun mangga, sehingga daun buah ini sering kali diabaikan. Padahal, pucuk daun mangga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, yang sayang untuk dilewatkan. Latas, apa saja manfaat dari pucuk daun mangga tersebut? Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini berbagai khasiat pucuk daun mangga yang perlu Anda ketahui :

  • Membantu Mengobati Diabetes

Daun mangga memiliki kandungan tanin dan anthocyanin yang dapat membantu mengobati gejala diabetes awal. Tak hanya itu, daun mangga juga dapat membantu mengobati hiperglikemia, yakni suatu kondisi dimana kadar gula darah melonjak melebihi batas normal. Hal ini disebabkan karena, daun mangga dilengkapi dengan senyawa yang disebut taraxerol-3beta, dan etil asetat ekstrak. Senyawa tersebut dapat bersinergi dengan hormon insulin, untuk mengaktifkan zat yang dapat membantu penyerapan glukosa dari sirkulasi darah (GLUT4) dan menstimulasi sintetis glikogen.

Baca Juga : Benarkah Daun Sirsak Bisa Mengobati Miom ?

Denga begitu, maka daun mangga dipercaya dapat memperlambat perkembangan diabetes, serta dapat membantu memulihkan pembuluh darah di sekitar pankreas yang rusak akibat diabetes.

  • Menurunkan Risiko Hipertensi

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa konsumsi teh daun mangga dapat membantu menangani dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi). Hal ini disebabkan karena daun mangga berkhasiat dalam memperkuat pembuluh darah yang rapuh, di mana kondisi ini merupakan penyebab terjadinya hipertensi. Dengan mengonsumsi secangkir teh daun mangga secara rutin, maka dapat membantu mengobati hipertensi yang Anda derita. Pasalnya, daun mangga memiliki sifat hipotensi dan dapat membantu memperkuat pembuluh darah.

  • Mengobati Empedu dan Batu Ginjal

Selai hipertensi, daun mangga juga dipercaya dalam mengobati penyakit ginjal dan batu empedu. Anda dapat mengolah daun mangga menjadi ramuan herbal. Caranya adalah dengan menyediakan bubuk daun mangga yang telah digiling dan keringkan ditempat yang teduh. Setelah itu, campur dengan segelas air dan diamkan semalaman untuk diminum di keesokan hari. Ramuan dapat membantu memecahkan batu ginjal.

  • Mengatasi Masalah Pernapasan

Daun mangga merupakan tanaman herbal yang juga bermanfaat dalam mengatasi berbagai macam masalah pernafasan. Hal ini tentunya berguna bagi mereka yang menderita bronkitis atau asma. Anda dapat membuat ramuan tanaman ini dengan cara merebus daun mangga dalam air, lalu minum air rebusan tersebut. Agar rasanya lebih nikmat, Anda dapat menambahkan madu murni kedalam ramuan tersebut. Ramuan ini juga dapat membantu menyembuhkan batuk dan menyembuhkan hilangnya suara.

Obat HERBAL Kanker Kandungan TANPA OPERASI