Home Kesehatan Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

0
23

Seputarherbal.com – Khasiat Minum Air Hangat. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, sehingga kita sering kali diingatkan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Mungkin Anda juga sering mendengar anjuran untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari agar tubuh tidak kekurangan cairan. Namun, mungkin Anda belum mengetahui bahwa minum air putih hangat atau panas memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan minum air putih dingin. Lantas apa saja khasiat minum air hangat? Simak penjelassan berikut.

Kebanyakan orang akan memulai harinya dengan mengonsumsi segelas air, baik itu air teh, kopi, susu, atau air putih biasa. Namun banyak orang yang memilih untuk menyajikan air dalam keadaan dingin. Meskipun rasa air hangat agak mengganggu di lidah namun manfaatnya lebih banyak dibandingkan air dingin. Berikut ini manfaat minum air hangat bagi kesehatan tubuh :

Baca Juga : Manfaat Minum Susu Bagi Kesehatan

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Kebiasaan minum air hangat dibandingkan air dingin dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Hal ini disebabkan karena air hangat sangat bagus untuk membantu sistem metabolisme di dalam tubuh. Oleh sebab itu, air hangat cukup efektif untuk menghilangkan lemak di dalam tubuh. Cara ini akan lebih efektif jika Anda menambahkan air hangat dengan air perasan jeruk nipis.

  • Perut Terasa Lebih Nyaman

Air putih merupakan minuman yang paling diromendasikan untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Namun, akan lebih baik lagi jika air putih yang Anda minum adalah air putih hangat. Minum air putih hangat di pagi hari, terutama saat setelah bangun tidur dapat membuat perut terasa lebih nyaman. Anda cukup mengonsumsi segelas air hangat sebelum menyantap menu sarapan Anda.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat lain yang tak kalah hebat dari minum air putih hangat di pagi hari adalah dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Hal ini disebabkan karena, air hangat dapat membantu meluruhkan tumpukan lemak bersamaan dengan timbunan di sistem saraf. Reaksi ini juga dapat membantu membuang racun-racun di dalam tubuh dan memperbaiki sirkulasi darah.

  • Membersihkan Usus

Meminum segelas air hangat di pagi hari juga dapat membantu mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh. Air hangat dan cairan lain yang terdapat di dalam tubuh dapat meleburkan makanan yang akan di cerna sehingga sistem pencernaan tetap dalam kondisi stabil. Air hangat juga dapat mempermudah proses pencernaan dibandingkan dengan air dingin. Air dingin justru dapat membekukan minyak yang ada pada makanan yang telah dikonsumsi, sehingga mengakibatkan penumpukan lemak di dalam tubuh.

5 Penyebab Haid Tidak Teratur Bisa Picu Kanker Rahim