Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak

0
114
kesehatan ibu dan anak

Seputarherbal.com –¬†Seorang ibu dan anak mempunyai kaitan yang sangat erat. Tak dapat dipungkiri kesehatan seorang ibu berpengaruh besar pada kesehatan anak, terutama pada saat menyusui. Maka dari itu menjaga kesehatan ibu dan anak sangat perlu diperhatikan. Mari kita simak apa saja yang dapat menjaga kesehatan ibu dan anak !

Konsumsi sayuran hijau dan buah

Untuk menjaga kesehatan ibu dan anak yang pertama adalah dengan mengkonsumsi sayur dan buah. Sayuran hijau yang murah dan mudah didapat seperti kangkung, bayam, sawi dan sayuran hijau lainnya memiliki manfaat bagi kesehatan. sayuran hijau mengandung protein, serat, mineral dan asam folat. Bagi ibu menyusui asam folat dibutuhkan untuk memperlancar ASI. Buah- buahan segar juga berperan untuk melengkapi nutrisi ibu dan anak. Buah-buahan sangat dianjurkan untuk pendamping ASI bagi bayi yang sudah berumur 6 bulan.

Hindari Stres

Menghindari stres juga berpengaruh menjaga kesehatan psikologi ibu dan anak. Ibu yang mengalami stres akan berdapak buruk bagi tumbih kembang sang anak. Untuk mengindari stres anda bisa melakukan kegiatan sehat dan menyenangkan seperti berenang atau bersepeda bersama keluarga. Stres pada ibu menyusui juga akan menghambat keluarnya ASI.

Artikel terkait : Makanan sehat untuk bayi

Istirahat

Menjadi seorang ibu memang tidak mudah. Selain mengasuh anak, seorang ibu juga biasa ngerjakan beberapa pekerjaan rumah tangga. Namun sebaiknya, anda beristirahat dengan cukup, ajak juga anak anda untuk tidur siang untuk istirahat bersama.

Kurangnya istirahat berpengaruh pada kerja beberapa organ tubuh anda yang tidak berkerja secara optimal, begitupun anak anda.

Minum Vitamin

Vitamin sering mejadi hal yang dilupakan oleh para ibu. Vitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu dan anak. Vitamin pada anak kini sudah tersedia dengan bentuk yang menarik dan rasa enak. Jadi anda tidak perlu khawatir jika anak anda tidak menyukai vitamin.

Minum Susu

Untuk menjaga kesehatan ibu dan anak slanjutnya yaitu minum susu. Bagi para ibu hamil dan menyusui sangat disaranan meminum susu khusus hamil dan menyusui. Anda perlu asupan nutrisi lebih disamping makanan sehat dan vitamin untuk mamastikan kesehatan janin dan anak anda.

Namun untuk bayi yang masih menyusui sebaiknya hanya diberikan ASI saja. Karena, ASI sudah mengandung nutrisi yang lengkap dibanding susu bayi manapun. Setelah 6 bulan barulah anda dapat memberi makan pendamping ASI untuk memenuhi nutrisi anak anda yang mulai berkembang.

Baca juga : Jual Obat Kanker dan Kista

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here