Mencegah Keputihan Saat Hamil

0
81
keputihan

Keputihan memang merupakan hal yang normal yang terjadi pada setiap wanita. Keputihan biasanya akan datang sebelum atau sesudah haid. Namun apakan normal terjadi keputihan saat hamil? Pasti banyak wanita hamil yang bertanya-tanya akan hal ini.

Karena keputihan juga merupakan salah satu gejala dari infeksi ataupun penyakit-penyakit lain pada wanita. Tak heran banyak wanita hamil yang was-was akan adanya keputihan saat hamil.

Keputihan saat hamil sebetulnya hal yang normal. Peningkatan hormone estrogen membuat terjadinya keputihan. Cairan yang keluar ini sebetulnya sisa buangan dari vagina dan rahim. Pada saat hamil muda cairan ini berperan untuk melindungi saluran serviks. Saat menjelang persalinan lendir ini akan semakin banyak.

Selama tidak terdapat keluahan seperti demam, rasa gatal , rasa panas dan ciri infeksi lainnya, anda tidak perlu khawatir. Perhatikan juga warna dan juga baunya. Jika berwarna putih atau bening dan tidak berbau menyengat bisa dipastikan jika keputihan tersebut normal.

Artikel Terkait :

Mencegah Keputihan Saat Hamil

Tapi tidak ada salahnya anda melakukan pencegahan terhadap infeksi pada masa kehamilan seperti : 

  • Jika badan anda berkeringat, segera ganti banju anda dengan baju yang kering. Hal ini dilakukan agar bakteri tidak menumpuk pada tubuh, terutama pada organ intim.
  • Hindari pakaian yang ketat. Pakaian yang ketat akan membuat daerah vagina menjadi lembab.
  • Jika setelah buang air kecil, basuh vagina denagn air dari depan ke belakang. Hal ini dilakukan agar kotoran yang berada dianus tidak terbawa.
  • Pastikan organ intim anda dalam keadaaan kering. Agar bakteri dan kuman tidak cepat berkembang.

Jika anda mengalami keputihan yang tidak wajar saat kehamilan, segera konsultasikan dengan dokter. Untuk menghindari penyakit-penyakit yang lebih parah. Yang terpenting saat kehamilan adalah menjaga kebersihan diri. Kurangi stress, stress juga dapat memicu keputihan yang berlebih. Jangan lupa juga menkonsumsi makanan yang bergizi agar anda dan janin sehat.

Setelah mengetahui dan membaca penjelasan diatas anda tidak perlu khawatir lagi tentang keputihan saat hamil. Semoga bermanfaat bagi para wanita-wanita hamil.

https://lingshenyao.id/operasi-kista-ovarium/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here