Apakah normal keputihan saat hamil muda?

0
140
keputihan saat hamil muda

Keputihan Saat Hamil Muda

Saat hamil beberapa wanita jadi lebih sensitive dan resah akan hal-hal yang terjadi pada dirinya. Keputihan saat hamil muda adalah salah satu hal yang membuat wanita resah.Mereka yang baru pertama kali hamil akan mempertanyakan apakah keputihan saat hamil muda itu normal atau bahaya.

Sebetulnya keputihan saat hamil muda itu hal yang normal. Semakin umur kehamilan bertambah, produksi keputihan akan semakin banyak, hal ini terjadi untuk persiapan persalinan anda.

Anda tidak perlu khawatir selama keputihan anda berwarna bening atau putih pekat, tidak berbau, dan memiliki tekstur seperti lendir. Yang perlu anda waspadai jika keputihan anda berwarna kuning hingga hijau, berbau busuk dan gatal.

Artikel Terkait : Mengatasi Gatal Pada Payudara Saat Hamil

Keputihan yang tidak normal bisa menjadi tanda gejala dari penyakit kanker serviks, bahkan penyakit menular seksual. yang perlu penanganan serius. Keputihan yang tidak normal biasanya terjadi karena terinfeksi bakteri pada vagina.

Jika terjadi ciri-ciri tidak normal pada keputihan anda, segera atasi dengan cara :

  • Jaga kebersihan tangan jika akan cebok atau menyentuh vagina.
  • Jika ingin mengusap atau meperingkan vagina setelah cebok, usaplah dari depan kebelakang.
  • Pakailah celana dalam dengan bahan katun. Hindari penggunaan celana dalam yang ketat, agar Miss V tidak lembab.
  • Keringkan selalu area vagina. Keadaan yang lembab dan basah akan mempercepat kuman berkembang.

Jika anda sudah melakukan hal-hal diatas akan tetapi keputihan anda masih todak normal. Lakukanlah pemeriksaan ke dokter kandungan. Keputihan tidak normal yang membandel harus dengan resep dokter dan penangandan medis lainnya. Pemeriksaan penunjang juga akan dilakukan dokter seperti IVA tes dan Papa Smear.

Yang terpenting anda selalu menjaga kebersihan diri, khususnya daerah organ kewanitaan. Anda sudah tidak perlu khawatir setelah mengenali keputihan saat hamil muda yang normal dan tidak.

Konsumsi juga makanan-makanan yang segar dan bernutrisi. Agar mambantu menyehatkan anda dan janin dali dalam.

Baca Juga : Jual Obat Kista Surabaya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here