5 Penyebab Keputihan yang Tidak Normal

0
28
Body Care

Seputarherbal.com – Keputihan bening disertai nyeri perut. Keputihan merupakan suatu hal yang umum dan normal terjadi pada wanita. Dalam keadaan yang normal, keputihan terjadi akibat pengaruh perubahan hormon yang berada di dalam tubuh dan memiliki warna putih atau bening serta tidak berbau dan tidak menyebabkan gatal. Hal tersebut terjadi untuk melindungi area kewanitaan. Keputihan lebih banyak keluar ketika menjelang menstruasi atau hamil.

Namun, terdapat juga kondisi dimana keputihan dianggap tidak normal. Hal tersebut ditandai dengan warna keputihan yang selain putih atau bening, terasa gatal dan berbau. Parahnya keputihan yang tidak normal dapat ditandai dengan adanya gumpalan, busa atau bercak darah. Tidak jarang pula keputihan yang tidak normal diikuti dengan rasa sakit pada bagian perut, terutama di bagian bawahnya. Penyebab dari keputihan yang tidak normal antaralain adalah :

Baca Juga : Penyebab Rasa Gatal Pada Keputihan

  • Bacterial Vaginosis

Bacterial vaginosis atau infeksi vagina merupakan infeksi yang menyebabkan rasa gatal pada vagina disertai dengan keluarnya cairan keputihan yang berwarna putih atau abu-abu atau juga kuning kehijauan. Keputihan ini memiliki bau amis yang sangat menyengat serta menyebabkan rasa nyeri. Nyeri tersebut akan makin terasa ketika Anda melakukan hubungan intim.

  • Infeksi Jamur Vagina

Infeksi jamur pada vagina biasanya disebabkan oleh tumbuhnya jamur Candida albicans yang lebih dari batas wajar. Pertumbuhan jamur ini menyebabkan vagina terasa gatal, panas serta mengakibatkan nyeri ketika berhubungan intim atau buang air kecil. Infeksi jamur pada vagina pun mengeluarkan keputihan yang berbau disertai rasa sakit pada perut bagian bawah.

  • Penyakit Kelamin

Keputihan yang disertai dengan rasa sakit dan keram pada perut tentunya merupakan suatu hal yang tidak normal. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh penyakit kelamin, terutama gonore dan trikomoniasis. Keputihan yang disebabkan oleh penyakit kelamin, biasanya berwarna kehijauan dan berbuih serta menyebabkan rasa gatal juga menyebabkan rasa nyeri pada perut bagian bawah.

  • Peradangan Panggul

Pelvic Inflamatory Disease (PID) atau peradangan panggul, merupakan infeksi bakteri yang menyerang organ reproduktif wanita di sekitar panggul, yaitu rahim, leher rahim (serviks), indung telur (ovarium) maupun tuba falopi. Infeksi ini terjadi akibat melakukan hubungan seks tanpa pengaman sehingga infeksi ini dapat ditularkan dan dapat menyebar lebih cepat ketika Anda mengalami menstruasi. PID menimbulkan gejala keputihan yang tidak normal disertai sakit perut, tepatnya pada perut bagian bawah atau pinggang.

  • Kanker Serviks

Apabila Anda mengalami keputihan tidak normal disertai nyeri pada panggul dan perut secara bersamaan, maka jangan dibiarkan. Karena hal tersebut bisa jadi merupakan gejala kanker serviks. Pada tahap awal, kanker serviks memang tidak menimbulkan gejala, akan tetapi jika tumor sudah berkembang menjadi kanker, maka akan muncul gejala lain.

https://lingshenyao.id/pengobatan-kanker-rahim/