Home Kesehatan Ini Dia Penyebab Kepala Sering Pusing dan Mual

Ini Dia Penyebab Kepala Sering Pusing dan Mual

0
46

Seputarherbal.com – Kepala Sering Pusing dan Mual. Pusing merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika kepala bagian depan dan atas terasa nyeri. Kondisi ini menyebabkan kepala terasa pening, dan lingkungan sekitar seakan-akan berputar, berkunang, serta sensasi tubuh yang terasa ringan dan tidak seimbang. Sementara itu, mual merupakan dorongan dari tubuh untuk mengeluarkan isi perut melalui mulut (muntah). Lantas apa penyebab pusing dan mual datang secara bersamaan? Simak ulasan di bawah ini.

Pada dasarnya, baik pusing maupun mual dapat disebabkan oleh banyak hal. Sensasi ingin mengeluarkan seluruh isi perut ini dapat menunjukan berbagai macam masalah kesehatan. Meskipun begitu, dua keluhan ini biasanya muncul di waktu berbeda. Akan tetapi, saraf pada otak dan saraf pada sistem pencernaan banyak yang saling terhubung erat satu sama lain, sehingga pusing dan mual dapat muncul secara bersamaan.

Berikut ini beberapa faktor penyebab pusing dan mual datang secara bersamaan :

Baca Juga : Penyebab Sering Sendawa dan Mual

  • Migrain

Migrain merupakan kondisi dimana kepala merasakan sakit yang hebat dan berdenyut parah seolah-olah dihantam oleh benda yang keras. Kondisi ini dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama hingga berjam-jam, bahkan mungkin berulang sampai berhari-hari. Sakit kepala migrain biasanya hanya menyerang salah satu sisi kepala saja.

Gejala migrain yang paling umum adalah sakit kepala yang hebat disertai mual. Pasalnya, migrain menyebabkan gangguan pada sistem daraf pusat di otak, sehingga akan mengacaukan pengiriman sinyal pada sistem pencernaan. Namun, mual juga dapat terjadi sebelum migrain menyerang. Kedua gejala ini muncul karena migrain tergolong sebagai neurologis (gangguan saraf).

  • Perubahan Hormon

Pusing dan mual yang terjadi akibat perubahan hormon kerap dialami oleh wanita. Biasanya, keluhan ini terjadi ketika wanita akan mengalami menstruasi (PMS), memasuki usia menopause, menggunakan kontrasepsi hormonal, atau ketika menjalani terapi penggantian hormon (HRT).

Selain itu, kehamilan juga meruapakn salah satu pemicu terjadinya pusing dan mual pada wanita akibat adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Peningkatan hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG) pada masa awal kehamilan dapat membuat wanita rentan mengalami morning sickness, yang ditandai dengan pusing dan mual di pagi hari. Kondisi ini akan membaik seiring berjalannya waktu.

  • Mabuk Kendaraan

Pernahkah Anda merasa pusing dan mual secara bersamaan ketika berada di dalam kendaraan? Jika ya, Kondisi ini terjadi akibat lalu lintas alur sinyal di dalam tubuh mengalami kekacauan. Dalam waktu bersamaan, otak mengirim sinyal ke mata dan telinga, sekaligus menerima sinyal dari keduanya.

Saat naik kendaraan Anda dapat menyadari bahwa kendaraan bergerak melaju ke depan, namun di sisi lain Anda melihat pemandangan di luar kendaraan justru mundur ke belakang. Akan tetapi, posisi tubuh Anda tetap diam di tempat dan tekanan telinga akan berjalan ke depan mengikuti mata.

Kondisi tersebut menyebabkan otak mendapatkan sinyal yang bercampur aduk, sehingga mengartikannya sebagai tanda bahaya. Akibatnya, Anda akan merasa pusing dan mual secara bersamaan, sehingga kesulitan untuk menpertahankan keseimbangan.

Obat Kanker Prostat Herbal Teregistrasi BPOM