Kematian Akibat Kanker Payudara

0
105
Kematian Akibat Kanker Payudara

Kematian Akibat Kanker Payudara

Seputarherbal.com – Saat ini kanker payudara masih menjadi kanker nomor satu yang menimpa banyak perempuan. Sekaligus  menjadi pembunuh nomor satu pada perempuan yang berkaitan dengan kanker. Dan telah tercatat ada sekitar 22 persen dari kasus kanker baru di Indonesia adalah penyakit kanker payudara.

Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Angka kematian karena kanker payudara di Indonesia terus saja bertambah. Seperti yang telah dikatakan oleh spesialis Bedah Onkologi dari RSUP Fatmawati, Jakarta, Dr Yadi Permana, kematian akibat kanker payudara bisa terjadi karena keterlambatan penanganan. Selain itu jumlah dokter bedah onkologi di Indonesia hanya berjumlah 153 dan tidak semua rumah sakit mempunyai sara diagnostic untuk mengecek kanker payudara. Apalagi dengan kebanyakan penderita adalah kebanyak orang yang tidak mampu, jadi mereka lebih memilih menggunakan pengobatan alternatife.

Tidak ada salahnya untuk berobat dengan cara alternative jika kanker masih belum melebihi stadium satu. Menurut Yadi, untuk mencegah keterlambatan, harus diluruskan dulu sebuah persepsi bahwa positif kanker payudara bukanlah vonis mati. Pada stadium satu, peluang untuk bertahan dalam kurun waktu lima tahun bisa sampai 90 persen. Stadium tiga turun menjadi 60 persen, tergantung jenis kanker payudara itu sendiri. Dan stadium empat hanya 10 sampai 15 persen untuk survival selama lima tahun.

Artikel Terkait :

Untuk itu, segera lakukan deteksi dini kanker payudara, karena ketika ditemukan di stadium tiga maka peluang kesembuhan semakin kecil dan biaya perawatan sangat tinggi. Selain itu, wanita juga harus mengenali faktor risiko kanker payudara seperti usia, faktor hormonal (kapan mulai menstruasi pertama dan usia menopause), tidak pernah menikah, melahirkan pertama di usia kurang dari 35 tahun, riwayat kontrasepsi hormonal, makanan tinggi lemak, dan faktor genetik atau riwayat keluarga dengan kanker payudara.

https://lingshenyao.id/kanker-payudara/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here