Home Kesehatan Benarkah Kelelahan saat Bekerja dapat Menyebabkan Kematian

Benarkah Kelelahan saat Bekerja dapat Menyebabkan Kematian

0
87

Seputarherbal.com – Pemilu serentak telah selesai, akan tetapi hal tersebut rupanya meninggalkan duka yang mendalam. Sebagaimana dilansir dari Kompas.com (23/04), dimana sebanyak 91 petugas KPPS (Kelonpok Penyelenggara Pemungutan Suara) dilaporkan telah berpulang. Sebagian besar dari laporan yang diterima, mengatakan bahwa penyebab kematian adalah kelelahan akibat bekerja terlalu keras. Lantas apakah benar bahwa kelelahan dapat menyebabkan kematian? Simak ulasan dibawah ini.

Kelelahan Akibat Lembur dapat Menyebabkan Kematian

Pemilu serentak memang mengharuskan para anggota KPPS bekerja lebih keras, dengan menghitung seluruh surat suara yang jumlahnya sangat banyak, bahkan pekerjaan tersebut dapat berlanjut hingga dini hari. Belum lagi, mereka harus menjaga TPS pada hari pemungutan suara. Jam kerja yang padat, dapat membuat seseorang lupa untuk sekedar mengistirahatkan tubuh dan mengisi energi. Hal tersebut dapat memicu rasa lelah yang luar biasa hingga menyebabkan kematian.

Baca Juga : Hati-Hati! Maag Kronis Bisa Sebabkan Kematian

Perlu Anda ketahui, bahwa bekerja terlalu lama, apalagi dengan kondisi yang dipaksakan, dapat menyebabkan stres dengan level yang sangat tinggi. Ketika hal tersebut terjadi, jantung Anda akan bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan gagal jantung. Meskipun begitu, penyebab serangan jantung akibat jam kerja yang panjang masih belum di teliti lebih dalam lagi. Akan tetapi, para peneliti menyimpulkan, bahwa hormon kortisol dan epinephrine yang dihasilkan tubuh ketika stres, turut berperan dalam menyebabkan masalah jantung pada mereka yang bekerja terlalu keras, terutama yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Cara Mencegah Kelelahan saat Bekerja

Kerja lembur, menuntut Anda agar tetap bertahan untuk menyelesaikan pekerjaan karena adanya deadline yang mengikat. Mau tidak mau Anda harus memakaksakan diri bagaimanapun caranya agar pekerjaan tersebut selesai. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui  cara agar tidak kelelahan saat kerja lembur.

Berikut tips untuk mencegah kelelahan akibat lembur :

  • Mengonsumsi camilan saat bekerja. Namun, camilan tersebut tentunya harus sehat.
  • Makan makanan yang bergizi.
  • Cukupi kebutuhan vitamin.
  • Tidur yang cukup (Anda dapat melakukannya di malam sebelum Anda lembur).
  • Hindari makanan atau minuman siap saji yang mengandung pemanis buatan.
  • Kurangi konsumsi minuman ber-kafein.
  • Hindari hal-hal yang memicu stres.
  • Banyak minum air putih.
  • Bergerak lebih aktif, seperti menggunakan tangga ketimbang lift.
  • Buat suasana yang menyenangkan ketika bekerja, seperti bersenda gurau dengan rekan kerja.

Kelelahan memang bukan faktor utama yang menyebabkan kematian. Akan tetapi, jika Anda tetap merasa kelelahan bahkan ketika telah menerapkan pola hidup sehat, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter.

Obat Miom Alami: Mengenal Mioma Geburt