Home Kesehatan Manfaat Minum Air Mineral dan Efek Sampingnya

Manfaat Minum Air Mineral dan Efek Sampingnya

0
13

Seputarherbal.com – Kelebihan Air Mineral. Apakah Anda tahu perbedaan antara air mineral dan air putih biasa? Meskipun penampakannya sama, ternyata air mineral berbeda dengan air putih biasa. Air putih merupakan air yang dapat Anda peroleh dari keran rumah, yang kemudian direbus atau dimasak terlebih dahulu sebelum di minum. Air putih memiliki kadungan satu atom hidrogen dan dua atom hidrogen. Sementara itu, air mineral merupakan air yang memiliki kandungan mineral di dalamnya, baik itu mineral alami maupun buatan. Jadi, pada dasarnya kandungan yang terdapat pada air putih biasa dan air mineral berbeda.

Air putih biasanya dapat diproleh dari berbagai sumber, seperti sungan, danau, maupun sumber alami lainnya. Sedangkan air mineral dapat Anda temukan di daerah yang kaya akan mineral. Jadi, tidak semua sumber air dapat dikatakan sebagai air mineral.

Air mineral tentunya memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dan bermanfaat untuk kesehatan dibandingkan dengan air putih biasa. Manfaat air mineral antara lain adalah, menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol tinggi, meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan pencernaan, mencegah risiko batu ginjal, menjaga kesehatan ginjal, dan menjaga kecantikan kulit. Selain itu, air mineral juga memiliki rasa yang lebih kuat dan segar dibandingkan dengan air putih biasa.

Meskipun begitu, banyak orang yang belum mengetahui jumlah takaran atau batas mengonsumsi air mineral. Padahal, mengonsumsi air mineral secara berlebihan pun dapat menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa akibat yang dapat terjadi ketika Anda mengonsumsi air mineral secara berlebihan :

Baca Juga : Ini Dia Waktu yang Tepat untuk Minum Air

  • Hiponatremia

Mengonsumsi air mineral secara berlebihan dapat menyebabkan suatu kondisi, yang disebut dengan hiponatremia. Kondisi ini terjadi akibat kadar natrium di dalam turuh mengalami penurunan secara drastis. Hal ini menyebabkan fungsi tubuh terganggu, sehingga tidak dapat berfungsi secara optimal.

  • Mual dan Muntah

Kelebihan mengonsumsi air mineral juga dapat menyebabkan mual dan muntah. Hal ini disebabkan karena, ketika Anda minum air mineral dengan jumlah berlebih, ginjal akan kesulitan untuk memprosesnya. Akibatnya, air yang diminum pun mengumpul di seluruh bagian tubuh, sehingga dapat menyebabkan infeksi perut termasuk mual dan muntah.

  • Warna Urin Berubah

Perubahan warna urin tidak hanya terjadi ketika Anda kekurangan cairan saja, melainkan juga ketika tubuh Anda mengalami kelebihan cairan. Kelebihan mengonsumsi air mineral dapat menyebabkan urin Anda berubah warna menjadi bening. Padahal, urin yang sehat seharusnya berwarna sedikit kekuningan.

  • Kram Otot

Semakin banyak air mineral yang dikonsumsi, maka kandungan elektrolit di dalam tubuh akan semakin menurun. Hal ini dapat menyebabkan munculnya gejala seperti kram otot, yang dapat mengganggu gerakan motorik Anda.

Pulih dari Kanker Paru dengan Obat HERBAL