Apakah Kanker Usus Besar Bisa Disembuhkan ?

0
57
Kanker Usus Besar Bisa Sembuh

Apakah Kanker Usus Besar Bisa Sembuh ?

Kanker usus besar yaitu jenis kanker yang menyerang usus besar atau pada bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia. Meskipun penyakit ini bisa  saja terjadi pada segala usia, namun 90 persen penderitanya adalah orang-orang lanjut usia di atas 60 tahun.

Sebagian besar kasus kanker usus besar biasanya diawali dengan pembentukan gumpalan-gumpalan atau sel berukuran kecil yang disebut sebagai polip adenoma. Gumpalan ini yang kemudian dapat menyebar secara tidak terkendali seiring waktu.

Kanker ini disebabkan ketika terjadinya mutasi pada genetik, di mana sel DNA di area tubuh tertentu tumbuh secara tidak terkendali dan merusak. Pada penyakit kanker usus besar, pertumbuhan sel tersebut bermula pada lapisan usus pada bagian dalam. Kemudian menjalar dan menghancurkan sel lain di dekatnya, atau bahkan hingga menuju ke beberapa area tubuh lainnya.

Berikut adalah beberapa gejala yang biasanya dirasakan penderita kanker usus besar yakni:

  • Perut terasa kembung
  • Meningkatnya frekuensi buang air besar
  • Nafsu makan menurun
  • Terdapat darah pada kotoran  atau pendarahan pada anus
  • Berubahnya tekstur kepadatan kotoran, baik bertambah keras hingga bertambah cair (diare)
  • Menurunnya berat badan
  • Tubuh terasa mudah lelah
  • Nyeri atau kram pada bagian perut

Tidak semua gejala tersebut dapat dirasakan oleh penderita. Pada sebagian penderita ada yang buang air besar disertai darah pada kotorannya, sebagian lainnya tidak disertai darah. Namun mereka sama-sama merasakan nyeri di bagian perut.

Ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan untuk mengobati kanker usus besar seperti :

Kemoterapi

Kemoterapi adalah cara pengobatan untuk membunuh sel-sel kanker melalui pemberian sejumlah obat-obatan. Dan tujuan untuk menyusutkan tumor, meredakan gejala yang dirasakan, atau memperlambat penyebaran kanker. Kemoterapi juga bisa menyebabkan efek samping seperti, muntah, mual, lelah, sariawan, diare dan rambut rontok.

Radioterapi

Tujuan radioterapi kurang lebih sama seperti kemoterapi, yaitu bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker. Namun pada radioterapi, metode pengobatan biasa dilakukan dengan menggunakan pancaran radiasi. Radioterapi dilakukan pascaoperasi bertujuan untuk mencegah kanker supaya tidak lagi kembali.

Tapi, walaupun begitu radioterapi tetap menimbulkan efek samping radioterapi sama seperti kemoterapi. Radioterapi dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu eksternal dan internal. Radioterapi ekternal dilakukan dengan cara memancarkan gelombang radiasi tingkat tinggi ke kanker pasien penderita. Sedangkan pada metode radioterapi internal kanker usus dapat disusutkan dengan menggunakan selang radioaktif yang diletakkan sebelah kanker.

Cara Mencegah Kanker Usus Besar

Kita bisa mencegah kanker usus besar dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat bertujuan untuk memperkecil risiko terkena penyakit tersebut. Di antaranya adalah dengan:

  • Rutin melakukan olahraga
  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Menjaga berat badan
  • Berhenti merokok
  • Mengurangi maupaun  menghindari minuman beralkohol

Selain dengan menjalani pola hidup yang sehat, kanker usus besar juga dapat dicegah atau dideteksi sedini mungkin dengan cara melakukan skrining. Metode pemeriksaan ini sangat dianjurkan terutama bagi mereka yang memiliki keluarga yang mempunyai riwayat kanker usus, serta bagi orang-orang yang telah berusia 50 tahun.

https://lingshenyao.id/pengalaman-sembuh-dari-kanker-usus/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here