Kanker Ganas Nasofaring

0
61
kanker ganas nasofaring

Seputarherbal.com РKanker ganas Nasofaring yaitu kanker hidung yang merupakan kanker yang berasal dari sel epitel nasofaring di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut. Kondisi seperti ini dapat menimbulkan gejala berupa benjolan pada tenggorokan, penglihatan kabur, hingga kesulitan membuka mulut.

Sulit untuk mendiagnosa kanker nasofaring, karena tumor baru akan terasa saat stadium akhir. Selain itu, letak dari tumor inipun tersembunyi di belakang tabir langit-langit dan terletak pada dasar tengkorak, sukar sekali dilihat jika bukan dengan ahlinya.

Penyebab kanker nasofaring masih belum dapat diketahui secara pasti dan merupakan multifaktor, seperti virus Epstein-Barr (VEB), hingga kebiasaan merokok. Tapi hampir bisa dipastikan bahwa penyebab kanker nasofaring merupakan infeksi dari virus Epstein Barr, karena semua pasien nasofaring didapatkan kadar antivirus khusus untuk virus Epstein Barr jika didapatkan cukup tinggi.

Gejala Kanker Nasofaring

Karena Kanker nasofaring pada stadium dini letaknya yang cukup tersembunyi di belakang rongga hidung atau di belakang atas langit-langit rongga mulut. Membuat penyakit ini sulit untuk diketahui. Ada beberapa gejala yang di timbulkan, menurut kategori stadium nya, yakni :

Gejala dini, di antaranya adalah :

  • Pada telinga berupa suara akan berdengung dan terasa penuh pada satu sisi tanpa disertai rasa sakit sampai dengan pendengaran mulai terasa berkurang.
  • Pada hidung dapat berupa mimisan sedikit dan berulang, ingus bercampur darah, hidung tersumbat secara terus-menerus, dan pilek di satu sisi.

Gejala berlanjut, di antaranya:

  • Leher:kelenjar getah bening leher mulai membesar.
  • Mata: juling, penglihatan menjadi ganda, kelopak mata menutup pada sisi yang terkena.
  • Kepala: nyeri dan terasa sakit kepala.

Baca Juga : Obat Alami Radang Tenggorokan

Gejala klinis karsinoma nasofaring dibagi menjadi 4 bagian yaitu:

  • Gejala nasofaring, gejala ini bisa berupa perdarahan melalui hidung yang ringan maupun berat, atau sumbatan pada hidung.
  • Gejala telinga, ini merupakan gejala dini yang biasanya timbul karena asal tumor dekat sekali dengan muara tuba eustachius.
  • Gejala mata, pertumbuhan tumor ini dapat menyebabkan gangguan pada saraf yang berada di otak, salah satunya berupa keluhan pada mata berupa pandangan ganda.
  • Gejala di leher, gejala ini bisa dilihat pada beberapa stadium akhir kanker nasofaring berupa pembesaran ataupun benjolan di leher.

Nasofaringoskopi atau nasoendoskopi merupakan prosedur di mana dokter melihat bagian dalamnya nasofaring menggunakan metode endoskopi dan juga alat khusus yang bernama nasofaringoskop.

Sumber : dokter sehat

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-benjolan-dileher/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here