Kandungan Tanaman Tapak Liman yang Bermanfaat untuk Kesehatan

0
84

Seputarherbal.com – Tapak liman memiliki nama latin Elephantophus Scaber Linn. Tanaman ini merupakan tanaman daun yang tumbuh dengan subur di berbagai kawasan di Asia khususnya di Indonesia. Tanaman ini menandung banyak senyawa kimia. Kandungan senyawa kimia dalam tapak liman antara lain, 9 titerpen, 5 flavon dan 4 lakton. Senyawa lain yang merupakan senyawa utama dalam tapak liman adalah elephantopin, epifriedelinol, lupeol dan stigmasterol. Selain itu, didalam tanaman ini juga terdapat kandungan yang baik untuk tubuh, seperti mineral, magnesium, kalsium, kalium klorida dan zat besi.

Dengan banyaknya kandungan yang ada dalam daun tapak liman ini, tak jarang tanaman ini dijadikan sebagai salah satu komponen dalam pembuatan obat-obatan tradisional. Beberapa diantaranya adalah untuk mengobati disentri, gangguan hati dan penyakit neoplasma.

Berikut adalah manfaat yang bisa didapat dari tanaman tapak liman :

  • Mengatasi Peradangan

Salah satu manfaat daun tapak liman untuk kesehatan adalah dapat membantu mengatasi peradangan. Hal ini disebabkan karena didalam daun tapak liman terdapat kandungan anti inflamasi yang dipercaya dapat mengobati luka dan peradangan lainnya. Caranya adalah dengan menumbuk daun tapak liman hingga halus, kemudian tutupi bagian luka dengan tumbukan daun tersebut.

Baca Juga : Gejala Radang Sendi

  • Mendetoks Racun dalam Tubuh

Semakin banyak zat yang masuk dalam tubuh, maka semakin banyak juga yang harus dikeluarkan. Daun tapak liman memiliki kandungan anti bakteri yang berguna untuk mendetoks racun yang berada dalam tubuh.

  • Anti Bakteri dan Jamur

Daun tapak liman dipercaya dalam mengatasi bakteri dan jamur. Ekstrak methanol yang terdapat pada daun tersebut mampu bekerja secara efektif dalam membunuh bakteri dan jamur. Seperti Escherichia coli, pseudomonas aeruginosa, bacillus subtili, proteus vulgaris dan staphylococcus, serta mengatasi beberapa jamur yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Hati

Tapak liman dapat membantu dalam mencegah kontaminasi karbon tetraklorida (CCl4) yang dapat menyebabkan terganggunya fungsi hati. Hal ini telah dilakukan oleh seorang ahli terhadap tikus percobaan dengan memberi tikus tersebut daun tapak liman.

  • Mencegah Diabetes

Daun tapak liman memilikikandungan senyawa steroid yang berfungsi untuk menstimulasi insulin dari sel beta yang di regenerasi, sehingga dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh berkurang secara signifikan. Selain itu, tanaman ini mengandung methanol, hexane dan ekstrak air yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Kadar koleterol yang normal tentunya memiliki dampak baik untuk kadar gula darah.

https://lingshenyao.id/obat-herbal-miom/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here