Bubur Kacang Hijau dan Ketan Hitam untuk Diet

0
295

Seputarherbal.com – Bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam merupakan makanan yang kerap dijadikan menu sarapan. Selain itu, kedua makanan tersebut kerap djadikan sebagai menu diet oleh mereka yang memang sedang melakukan program diet. Kacang hijau dan ketan hitam juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam artikel ini, kita akan membahas kalori bubur kacang hijau dan ketan hitam. Baca sampai selesai ya..!

Kalori Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan bahan makanan yang mudah Anda temukan. Kacang hijau kerap diolah menjadi bubur ataupun isian kue. Selain memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang lezat, kacang hijau ini ternyata kaya akan nutrisi dan dapat membantu agar diet berjalan dengan lancar. Hal tersebut disebabkan karena, kacang hijau merupakan makanan yang tinggi protein, dan juga pemasok fosfor dan kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin, sangat cukup untuk memenuhi asupan protein dalam tubuh Anda.

Mengonsumsi kacang hijau merupakan pilihan yang sangat tepat untuk Anda yang sedang diet. Semangkuk kacang hijau hanya mengandung 30 kalori saja dan juga terdapat sekitar 2 gram serat yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan Anda. Selain itu, kacang hijau juga mengandung vitamin B1 dan B2 yang dapat mengubah karbohidrat menjadi energi dan membantu penyerapan protein dalam tubuh. Mengonsumsi semangkuk kacang hijau juga dapat memenuhi 25% kebutuhan vitamin C dalam tubuh (per hari), sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah kerusakan sel.

Mengonsumsi bubur kacang hijau yang hangat dapat membuat efek kenyang yang lebih lama. Anda juga dapat mengolah kacang hijau menjadi minuman sari kacang hijau yang lezat dan tentunya bernutrisi.

Baca Juga : Oatmeal yang cocok untuk diet

Kalori Bubur Ketan Hitam

Bubur ketan hitam memiliki tekstur yang kental dan rasa yang manis. Mkanan ini merupakan sumber karbohidrat dan pemasok energi. Dalam setiap 100 gram bubur ketan hitam kental,  terdapat kalori sebanyak 230,4 kkal, karbohidrat 46,7 gram, protein 4 gram, serat 1,5 gram dan juga lemak sekitar 2,2 gram. Konsumsi karbohidrat dalam jumlah 200 dsampai 300 gram dalam sehari memang dianjurkan. Pada dasarnya, karbohidrat lah yang akan menjadi energi untuk meningkatkan kinerja otak agar bisa fokus.

Kandungan lemak yang terdapat dalam ketan hitam juga tergolong rendah sehingga cocok untuk dijadikan menu diet. Selain itu, ketan hitam juga mengandung serat dan zat besi yang dibutuhkan oleh para penderita anemia agar tubuhnya tidak lemas dan mudah lelah.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami/