Jenis Tanaman Herbal Untuk Batuk

0
146
jenis tanaman herbal untuk batuk

Seputarherbal.com – Batuk merupakan penyakit yang mudah menyerang manusia ketika musim pancaroba seperti sekarang. Meskipun penyakit batuk seringkali dianggap sepele namun, akan menjadi masalah besar jika sudah berkepanjangan dan menggangu aktifitas sehari-hari. Obat batuk yang biasa dikonsumsi seringkali menumbulkan berbagai macam efek samping, tidak sedikit orang yang mencari pengobatan dengan jenis tanaman herbal untuk batuk. Berikut beberapa jenis tanaman herbal untuk redakan batuk :

Jeruk Nipis

Tanaman obat ini memang bisa diketahui sebagai salah satu tanaman obat yang mempunyai manfaat yang bagus untuk mengobati batuk.Sudah banyak orang yang akrab dengan pengobatan batuk dengan jeruk nipis. Selain dikenal ampuh mengobati batuk, tanaman obat ini juga tidak menimbulkan efek samping ketika dikonsumsi, juga mudah diperoleh.

Cara meredakan batuk dengan jenis tanaman herbal ini, anda cukup memeras jeruk nipis lalu, ambil air perasannya untuk diminum. Jika anda tidak tahan dengan rasa kecut dari jeruk nipisnya, anda dapat menambahkan kecap manis kedalam air perasan jeruk nipis tersebut.

Jahe

Jahe sudah dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan dan telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan tradisional. Jahe biasa diolah menjadi minuman untuk mengahatkan tubuh dan untuk meredakan batuk karena kemampuan antihistamin dan dekongestannya. Cara pembuatan obat batuk dari jahe ini sangat sederhana dan mudah, berikut caranya :

  • Iris 12 jahe segar yang telah dicuci bersih.
  • Masukan irisan jahe kedalam wajan dan campur dengan 3 gelas air.
  • Lalu didihkan selama 20 menit.
  • Tunggu hingga tidak terlalu panas untuk dikonsumsi. Tambahkan 1 sendok madu dan perasan lemon, jika anda tidak kuat dengan rasa pedas air jahenya.

Untuk batuk kering, gunakan jahe merah untuk membuatan ramuannya. Jahe merah bisa dikunyah langsung atau diparut dan diambil air perasannya.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh terkenal dengan rasanya yang masam, namun ternyata tanaman ini merupakan jenis tanaman herbal untuk batuk yang cukup ampuh. Cara merubah salah satu bumbu dapur ini menjadi obat batuk sangat mudah. Anda hanya perlu siapkan 10 buah belimbing wuluh yang sudah dicuci bersih lalu diparut. Selanjutnya tambahkan air garam secukupnya dan saring agar ampasnya terpisah.Ramuan belimbing wuluh ini bisa anda minum 2 kali sehari, dipagi dan sore hari.

Kunyit dan Merica

Jenis tanaman herbal untuk batuk selanjutnya yaitu kunyit. Kunyit sudah sejak lama dijadikan jamu dan sudah terbukti khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung antibiotik.

Antiobiotik yang terkandung dalam kunyit dipercaya, dapat dapat menjadi penyembuh alami peradangan saluran pernafasan dan radang tenggorokan yang menyebabkan batuk kering.

Anda bisa didihkan air, lalu masukan kunyit sebesar ibu jari ynag telah dicuci bersih dan setegah sendok merica kedalam air mendidih. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Konsumsi rebusan air kunyit dan merica ini selagi hangat. Agar pengobatan maksimal, anda bisa minum ramuan ini sehari 2 kali.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here