Manakah Jenis Beras yang Cocok untuk Diet?

0
292

Seputarherbal.com – Jenis Beras Merah untuk Diet. Beras merupakan salah satu jenis makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, makanan ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Hampir setiap hari orang-orang mengolah beras menjadi makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari. Beras memiliki macam-macam kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Namun, di Indonesia sendiri, beras yang paling sering dikonsumsi adalah beras putih. Padahal, masih banyak jenis beras lainnya yang tak kalah bernutrisi, seperti beras ketan, beras coklat, beras merah, beras basmati, beras hitam, dan beras jasmine.

Diantara tujuh jenis beras di atas, beras yang paling sering dikonsumsi sebagai menu diet bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan adalah beras merah. Beras merah merupakan beras yang belum mengalami proses penggilingan atau pengelupasan kulit secara keseluruhan. Bagian kulit yang melapisi bijirin beras tersebut, mengandung serat dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Sedangkan, beras putih merupakan beras yang sudah melalui proses penggilingan dan penegelupasan kulit seutuhnya, sehingga beras merah terbilang lebih sehat daripada beras putih.

Berikut ini manfaat yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsi beras merah :

  • Membuat Rasa Kenyang Lebih Lama

Beras merah merupakan jenis beras yang cocok untuk dijadikan makanan diet. Pasalnya, beras merah mengandung jenis karbohidrat yang lama dicerna di dalam tubuh (karbohidrat kompleks). Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks (seperti beras merah, oatmeal, atau kentang), Anda akan merasa kenyangg hingga berjam-jam dengan asupan kalori yang kurang dari 320 kal. Maka dari itu, Anda dapat mengganti nasi putih dengan nasi merah pada siang dan malam hari untuk diet.

  • Kaya akan Serat

Beras merah, beras coklat, dan beras hitam memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih yang merupakan karbohidrat sederhana. Selain itu itu, beras merah, beras coklat, dan beras hitam mengandung karbohidrat kompleks yang tentunya lebih sehat.

  • Membantu Menurunkan Kolesterol

Beras merah memiliki kandungan minyak yang bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Jika Anda memiliki risiko tinggi untuk terkena kolesterol, sebaiknya Anda rutin mengonsumsi beras merah dan gandum utuh untuk meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

  • Sumber Zat Besi yang Baik

Beras merah merupakan salah satu makanan sumber zat besi yang baik. Zat besi dapat membantu tubuh untuk mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi. Selain itu, mengonsumsi beras merah juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda, serta melindungi tubuh dari radikal bebas.

Awas! Gaya Hidup Tak Sehat Bisa Jadi Penyebab Kanker Serviks