Memanfaatkan Tanaman Obat Untuk Mengatasi Asam Urat

0
144
jamu herbal asam urat

Jamu Herbal Asam Urat

Seputarherbal.com –  Sekian banyaknya obat untuk mengatasi asam urat, ternyata kita juga bisa membuat sendiri obat tersebut. Antara lain dengan menggunakan tanaman obat yang kemudian diolah menjadi ramuan atau jamu.

Berikut beberapa tanaman obat yang bisa dibuat jamu herbal asam urat yang di maksud, simak ulasannya :

Sambiloto

jamu herbal asam uratSambiloto adalah jenis tanaman obat yang berasal dari India, meski asalnya dari negara lain namun di Indonesia juga tumbuh subur sehingga dapat ditemukan dengan mudah. Tanaman ini memiliki kandungan senyawa keton, alkana, flavonoid, dan mineral, walaupun semua bagian dari tanaman ini pahit tapi tetap bisa diolah menjadi sayuran. Sambiloto juga telah dikenal sebagai obat tradisional asam urat yang ampuh oleh masayarakat indonesia. Cara membuat ramuan dengan sambiloto yaitu dengan cara merebusnya , kemudian diminum air rebusannya.

Baca Juga : Cara Mengobati Kanker

Daun Salam

jamu herbal asam uratSiapa yang tidak tahu dengan daun salam, tanaman yang mudah di temukan dalam setiap menu masakan dan tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Ternyata daun salam juga bisa digunakan sebagai obat herbal alami untuk menyembuhkan asam urat loh. Kandungan yang dimiliki daun salah yaitu flavonoid, tanin dan minyak esensial yang dimana zat penting tersebut sangat berkhasiat untuk menyembuhkan asam urat. Untuk mengolah daun salam sebagai ramuan asam urat yaitu dengan merebusnya, lalu air hasil rebusannya diminum secara teratur.

Sidaguri

jamu herbal asam urat

Tanaman yang selanjutnya yaitu sidaguri, tanaman obat yang satu ini biasanya tumbuh liar didekat rumput. Sidaguri memiliki kandungan zat alkaloid alkaloid dan ephedrin. Siapa sangka tanaman yang tumbuh liar ini bisa juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan asam urat secara alami. Cara mengolahnya pun cukup mudah, anda tingga merebus daun beserta bijinya , lalu diminum air rebusannya. Tak hanya untuk asam urat saja manfaat lain yang bisa didapat bila mengonsumsi ramuan tanaman ini, bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan saluran kemih anda. 

Kumis Kucing

jamu herbal asam urat

Tanaman Kumis kucing memiliki kandungan diuretik dan orthosifonin glycosides yang bisa mencegah saluran kemih dari infeksi. Masyarakat di Indonesia biasanya memanfaatkan kumis kucing sebagai obat untuk merawat batu ginjal , namun sekarang banyak yang sudah membuatnya sebagai jamu herbal asam urat. Cara mengolahnya pun sama yaitu tinggal direbus saja daunnya dan diminum secara teratur agar khasiat nya lebih optimal.

http://seputarherbal.com/cara-menyembuhkan-asam-urat-secara-alami/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here