4 Tips Menjaga Kadar Gula Darah Agar Tetap Stabil

0
101
jaga kadar gula darah

Seputarherbal.com_Jaga kadar gula darah tetap stabil itu penting – Gula darah atau dalam arti medisnya yaitu glukosa, merupakan sumber energi bagi tubuh atau sumber makanan begi sel-sel tubuh agar berfungsi dengan baik dan tetap memiliki energi. Jadi ketika kamu makan, maka makanan itu akan menghasilkan gula dalam aliran darah, yang kemudian akan diantarkan pada sel-sel tubuh.

Apa yang terjadi jika kadar gula naik?

Kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia yaitu jika kadar gula melebihi angka 200 mg/dL, yang mana bisa saja berbahaya bagi penderitanya. Kondisi yang akan dialami jika hal ini terjadi maka akan mudah kelelahan, berat badan turun, penglihatan kabur, sering buang air kecil, dan selalu merasa haus dan lapar.

Apa yang terjadi jika kadar gula rendah?

Kondisi ini disebut hipoglikemia, yaitu kadar gula berada pada angka di bawah 70 mg/dL. Yang biasanya hal ini terjadi akibat efek samping obat penurun diabetes. Tanda-tanda yang muncul akibat hipoglikemia seperti, pusing, sakit kepala, tubuh gemetar, sering berkeringat, kemampuan konsentrasi menurun dan penglihatan kabur.

Kadar gula darah dalam batas normal bias ditentukan pada 4 kondisi yaitu ketika sebelum makan berkisar antara 70/130 mg/dl, setelah puasa kurang lebih 8 jam adalah <100 mg/dl, sesudah makan 2 jam < 180 mg/dl dan waktu menjelang tidur berkisar antara 100-140 mg/dl.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil yaitu, sebagai berikut :

Menjaga Pola Makan

Pola makan disini ialah, kita harus pintar terhadap memilih jenis makanan. Asupan makanan besar dan ringan harus seimbang dan makan 3 kali dalam sehari. Lengkapi juga dengan mengonsumsi buah-buahan.

Olahraga

Jika anda jarang olahraga tapi setidaknya harus melakukan aktifitas fisik walaupun hanya sebentar, hal ini lebih bermanfaat dari pada hanya diam, tiduran dan santai-santai. Dengan kegiatan tersebut maka dapat mempermudah mengubah glukosa menjadi energi.

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, maka sangat rentan akan terkena diabetes disbanding dengan orang yang memiliki tubuh yang ideal. Maka dari itu perhatikanlah bobot badan dan jaga agar tetap ideal.

Konsumsi Cemilan Yang Manis

Mengonsumsi permen misalnya, hal ini dimaksudkan agar dapat mencegah terjadinya penurunan gula.

 

https://lingshenyao.id/penyakit-diabetes/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here