Bahaya dan Manfaat Ikan Tuna

0
124
ikan tuna bisa berbahaya
ikan tuna bisa berbahaya
Ikan tuna mengandung merkuri, merkuri yang terlalu banyak di dalam tubuh ibu hamil akan mengakibatkan resiko gangguan otak pada janinnya. Selain itu, ikan ini memiliki duri yang tajam, jika ingin memakannya harus hati-hati dalam mengolahnya.
Terlepas dari bahaya diatas, ikan tuna memiliki kandungan omega 3, protein, vitamin ikan, dan mineral. Yang tentunya sangat bermanfaat bagi manusia yang mengonsumsinya.
Berikut dibawah ini beberapa manfaat tersebut :

Mencegah Stroke

Ikan tuna dapat mencegah seseorang untuk terkena stroke. Sebuah studi telah melakukan penelitian selama 15 tahun yang mengamati bahwa ikan tuna dapat mencegah stroke. Orang yang mengonsumsi ikan tuna selama 2-4 kali dalam seminggu, dapat mengurangi 27 % terkena penyakit stroke. Sedangkan 5 kali konsumsi menjadi 52 %, berarti jika 1 bulan mengonsumsi 13 kali maka dapat mencegah tubuh untuk terkena stroke.

Menyehatkan Jantung

Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan tuna dapat mengatasi masalah darah yang tidak lancar bahkan membeku. Berarti hal ini otomatis dapat mencegah anda dari serangan jantung. Maka dari itu ikan tuna dapat di kategorikan sebagai makanan untuk mencegah penyakit jantung.

Mencegah Kanker Payudara

Omega 3 bermanpat untuk menghambat enzim cyclooxygenase yang menyebabkan kanker payudara. Juga dapat menangkap aktivitas sel yang menyebabkan terjadinya kanker payudara. Dengan penjelasan diatas, maka kanker payudara dapat di cegah dengan mengonsumsi ikan tuna.

Menjaga Kesehatan Mata

Selain wortel dan tomat sering digunakan untuk merawat kesehatan mata. Ternyata omega 3 pada ikan juga dapat menjaga kesehatan mata, salah satunya mencegah mata dari katarak. Ini bagus untuk anda jika tua nanti, karena pada usia yang menginjak 50 tahun ke atasa, akan rawan terkena katarak.

Pencegah Obesitas

Ikan tuna memiliki kandungan EPA (eicosapentaenoic acid) tinggi yang dapat menstimulasi hormon leptin. Hormon ini dapat membantu meregulasi asupan makanan ,sehingga  tubuh akan terhindar dari konsumsi makanan secara berlebihan yang bisa menyebabkan obesitas.

https://lingshenyao.id/pengobatan-miom-tanpa-operas/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here