Bahaya Minum Kopi Bagi Ibu Hamil

0
40
Ibu hamil minum kopi instan

Seputarherbal.com – Apakah boleh ibu hamil minum kopi instan ? . Jawaban singkatnya adalah tidak boleh. Ibu hamil seharusnya membatasi asupan kopi setiap harinya, karena kafein yang terkandung pada kopi dapat mempengaruhi kesehatan pada janinnya.

Sebenarnya bukan kopi yang harus ibu hamil hindari, melainkan kafein lah yang harus di hindari. Kafein juga sering terdapat pada makanan dan minuman tertentu, misalnya pada coklat dan sering di tambahkan pada obat flu serta minuman penambah daya tahan tubuh.

Akibat Dari Minum Kopi

Adapun risiko yang terjadi jika ibu hamil minum kopi instan yaitu dapat memberi dampak pada masalah pencernaan, tekanan darah tinggi, dan detak jantung akan bergerak lebih cepat. Apalagi jika terlalu banyak meminum kopi, akan membuat kecanduan serta sering merasakan kecemasan. Jika ibu hamil meminum kopi maka kafein akan menembus plasenta dan berdampak buruk bagi kesehatan janin yang dikandung. Beberapa risiko lainnya juga akan munceul, seperti mengalami refluks asam lambung, anemia, bayi lahir dengan berat badan yang ringan, bahkan akan bisa mengalami keguguran.

Kecanduan Minum Kopi

Bagi anda yang telah kecanduan meminum kopi memang sulit untuk menghindarinya. Adapun cara untuk membantu menghilangkan konsumsi kafein yaitu :

Baca Juga : Mitos !! Coklat Untuk Ibu Hamil

  • Pilih produk kopi yang tidak mengandung kafein
  • Jika masih awam, anda bisa memilih kopi instan dengan kandungan kafein yang lebih rendah. Dan waktu di seduh lebih baik perbanyak air nya supaya kopi lebih encer.
  • Coba ganti dengan teh, penggunaan teh walaupun yang ada kafeinnya. Tapi kadar kafeinnya sangatlah sedikit atau lebih baik hindari keduanya sampai masa hamil selesai.

Takaran Kopi yang Diperbolehkan

Sebaiknya bagi ibu hamil harus bisa membatasi asupan kopi setiap harinya. Ibu hamil dianjurkan untuk tidak melebihi 2 gelas setiap harinya atau sekitar 200 ml kopi. Hindari pula meminum kopi di malam hari, agar tidak mengalami insomnia. Dan lebih bagus jika di barengi dengan minuman sehat , agar asupan kafein dapat diimbangi dengan minuman tersebut.

https://lingshenyao.id/kanker-kandungan/

https://lingshenyao.id/kanker-kantong-kemih/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here