Hal-Hal yang dapat Memicu Kolesterol Tinggi

0
25

Seputarherbal.com – Kolesterol merupakan zat yang berguna bagi tubuh, yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Namun apabila kadar kolesterol di dalam tubuh terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan zat tersebut menumpuk di pembuluh darah, sehingga mengganggu aliran darah. Hal ini tentunya akan berakibat fatal jika dibiarkan terus-menerus, khususnya bagi kesehatan jantung Anda. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal yang dapat memicu kolesterol tinggi.

Kolesterol dapat ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan juga susu. Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan untuk membentuk sel-sel sehat serta memproduksi sejumlah hormon dan juga vitamin D. Meskipun begitu, kolesterol dapat mengganggu kesehatan tubuh apabila berlebihan.

Berikut ini beberapa hal yang dapat memicu kolesterol tinggi :

  • Mengonsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Kolesterol tinggi dapat dipicu akibat mengonsumsi lemak jenuh yang berasal dari daging, dan lemak trans (yang biasa ditemukan pada makanan-makanan kering yang dijual bebas). Makanan yang tinggi kolesterol antara lain adalah, daging merah, jeroan, kulit ayam, susu tinggi lemak (termasuk prosuk olahan susu, seperti keju), santan, mentega, dan kuning telur.

Baca Juga : Makanan Ini dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

  • Merokok

Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan, termasuk memicu kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan karena, dalam rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut dengan akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik (HDL) yang berguna untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju organ hati untuk kemudian dibuang. Pada akhirnya, dapat terjadi penyempitan pada arteri atau aterosklerosis.

  • Kurang Olahraga

Anjuran olahraga secara teratur memang tidak bisa disepelekan. Pasalnya, kurang olahraga dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya kolesterol tinggi. Jika Anda kurang olahraga atau sering bermalas-malasan dan tidak menggerakan tubuh, maka tumpukan lemak di dalam tubuh akan mengendap dalam pembuluh darah. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan olahraga secara teratur untuk membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

  • Obesitas

Kelebihan berat badan (obesitas) dapat meningkatkan risiko penyakit jantung akibat kadar kolesterol meningkat. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh pola makan yang buruk dan kurangnya berolahraga. Maka dari itu, kunci untuk terhindar dari kolesterol tinggi adalah menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur.

  • Keturunan

Kolesterol tinggi juga dapat terjadi akibat perubahan atau mutasi sejumlah gen yang diturunkan orang tua kepada anaknya. Kondisi ini dapat membuat tubuh tidak mampu membuang kolesterol dari dalam darah. Meskipun begitu, kolesterol akibat faktor genetik ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan penyebab-penyebab sebelumnya.

Obat Kanker Rahim: Bagaimana Khasiat Obat Herbal Ini?