Haid Tak Teratur Gejala Kanker Rahim: Benarkah?

0
357
haid tak teratur gejala kanker rahim

Seputarherbal.com – Apakah haid tak teratur gejala kanker rahim?. Bagi penderita kanker rahim memang sering merasakan haid tak teratur, namun ini bukan berarti haid tak teratur gejala kanker rahim.

Kondisi wanita yang sedang mengalami stres ataupun lelah juga bisa menyebabkan siklus haid tak teratur. Berarti jika anda mengalami haid tidak teratur jangan anggap itu gejala terkenannya kanker rahim.

Haid Tak Teratur Merupakan Gejala Kanker Rahim

Ada beberapa hal yang menyebabkan siklus haid tidak teratur diantaranya :

  • Kanker Rahim

Gejala awal dari kanker rahim yaitu dapat menyebabkan haid yang tidak teratur. Bila kondisi kanker rahim mencapai stadium lanjut maka ketika menstruasi akan mengalami pendarahan yang lebih banyak dari biasanya.

Gejala lainnya yang dapat di rasakan oleh penderita kanker rahim yaitu terdapat benjolan di sekitar mulut rahim, dan nyeri panggul. Bahkan sampai merasakan nyeri saat berhubungan seksual dengan suami.

  • Polycystic Ovaries (PCO)

Penyakit ini adalah kondisi dimana tumbuhnya penyakit kista yang lebih dari satu. Kondisi ini akan menyebabkan gangguan pada kesuburan wanita, sehingga menyebabkan wanita sulit untuk hamil. Gejala yang akan dialami oleh penderita ini yaitu akan mengalami haid dalam jangka waktu yang lumayan lama dan sedikitnya volume darah yang keluar.

Tanda Kanker Serviks dari telapak kaki

  • Kista Ovarium Atau Tumor

Gejala kista ovarium ini adalah yang paling banyak di temukan kasusnya, dimana pertanda dari orang yang mengalami penyakit ini ia akan merasakan gangguan haid. Mulai dari siklus haid yang tidak teratur bahkan mengalami nyeri haid yang tidak tertahankan. Kondisi dimana kista sudah membesar , maka akan menyebabkan rasa sakit pada saat haid.

Baca Juga : Mengatasi Nyeri Haid 

Mengacu pada pembahasan di atas. Intinya adalah Haid yang tidak teratur tidak selalu menjadi pertanda terkenanya kanker rahim.

Bila anda mengalami siklus haid yang tidak teratur, cobalah minum ramuan pelancar siklus haid. Untuk memastikan bahwa anda tidak terkena kanker rahim , sebaiknya segera hubungi dokter. Biasanya akan di lakukan serangkaian tes seperti berikut :

  1. Test IVA ( Inpeksi Visual dengan Asam Asetat )
  2. Test Pap Smear
  3. Test LBC ( LIquid Based Cytology )
  4. Test HPV

Dengan menjalankan tes ini , maka akan lebih mudah mengetahui apa yang menyebabkan haid yang tidak teratur tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here