Gerakan Senam Ibu Hamil Yang Dapat Membantu Proses Persalinan

0
262
gerakan senam ibu hamil agar mudah melahirkan

Gerakan Senam Ibu Hamil Agar Mudah Melahirkan

Seputarherbal.com – Olahraga sangat penting sekali dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh setiap manusia. Itupun tidak menutup kemungkinan bagi wanita yang sedang hamil, justru dengan olahraga akan menolong ibu hamil saat waktu peroses persalinan nanti.

Olahraga yang ibu lakukan meliputi gerakan senam , berikut dibawah ini gerakan senam ibu hamil yang dapat mempermudah proses persalinan tersebut :

Gerakan Pertama

gerakan senam ibu hamil agar mudah melahirkan

Gerakan yang pertama disebut pose tailor , kalau pada istilah olahraga yoga pose ini disebut pose kupu-kupu. Cara melakukannya dengan duduk di lantai dengan punggung lurus dan telapi kaki saling bertemu. Lakukan posisi seperti di atas ini dalam 10-20 detik , dengan gerakan tersebut nantinya akan membantu proses persalinan anda nanti. Manfaat lain yang bisa di dapat yaitu dapat melatih otot paha dan bagian punggung bawah.

Karena mengingat posisi ini yang lumayan sulit dilakukan, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum melakukan gerakan tersebut.

Gerakan Kedua

gerakan senam ibu hamil agar mudah melahirkan

Cara melakukan gerakan ini pertama-tama ambil posisi berdiri dengan punggung tegak lurus dan buka kaki selebar bahu. Kemudian turunkan badan sampai posisi jongkok sambil membuka paha, untuk posisi jelas nya lihat pada gambar. Tahan pada posisi jongkok selama 10 detik kemudian berdiri lagi, dan ulangi gerakan ini beberapa kali. Dengan gerakan ini juga bisa memudahkan persalinan dan memperkuat otot paha juga panggul.

Gerakan Ke Tiga

gerakan senam ibu hamil agar mudah melahirkan

Gerakan ini dinamai senam kegel yang fungsinya bisa melatih dan menguatkan otot-otot panggul. Maka dari itu dengan gerakan seperti ini dapat membantu anda dalam mempermudah proses melahirkan nanti. Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan yaitu bisa melatih otot kandung kemih, rektum, uretra dan rahim.

Gerkan Ke Empat

gerakan senam ibu hamil agar mudah melahirkan

Pada gerakan yang selanjutnya berguna untuk meningkatkan kekuatan pada otot perut dan dan pinggang, selain itu gerakan ini dapat mencegah anda sakit pinggang terutama saat menjelang trimester ketiga. Cara melakukan gerakan ini , ambil posisi seperti merangkak dengan kelapa sejajat dengan punggung, kemudian tengadahkan kepala ke atas sambil mengatur nafas.

Baca Juga : Manfaat Belimbing Untuk Ibu Hamil

Gerakan Ke Lima

gerakan senam ibu hamil agar mudah melahirkan

Untuk gerakan yang terakhir yaitu gerakan yang paling ringan, dan hal sepele tapi sangat penting untuk dilakukan. Ternyata berjalan kaki dapat membantu mempercepat proses persalinan, maksudnya ketika anda akan melahirkan bayi akan keluar dengan mudah. Maka dari itu sering-seringlah berjalan kaki terutama saat masuk trisemester ketiga agar membantu posisi bayi tepat masuk ke jalur lahir.

https://lingshenyao.id/penyebab-kista-rahim/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here