Home Kesehatan Ini Dia 4 Olahraga Ringan saat Menstruasi

Ini Dia 4 Olahraga Ringan saat Menstruasi

0
25

Seputarherbal.com – Ketika mengalami menstruasi (haid), wanita rentan mengalami pusing atau tubuh lemas akibat keluarnya darah maupun cairan tubuh. Hal ini menyebabkan para wanita yang sedang dalam masa haid malas beraktivitas, terutama olahraga. Namun, meskipun sedang mengalami menstruasi, sebaiknya Anda tetap berolahraga. Apalagi jika olahraga sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Dalam artikel ini, kita akan memberikan tips gerakan olahraga saat haid agar Anda dapat tetap berolahraga dengan baik.

Pada dasarnya, berolahraga saat menstruasi memang berbeda dari olahraga di hari biasanya. Selama masa menstruasi, jumlah hormon esterogen dan progesteron wanita sangat rendah. Kondisi ini justru memungkinkan Anda untuk meningkatkan intensitas olahraga. Pasalnya, dalam siklus menstruasi tubuh akan lebih mudah menggunakan gula darah sebagai sumber energi, sedangkan asam lemak dicerna lebih lambat.

Energi yang dihasilkan dari gula darah akan membuat tubuh lebih semangat untuk melakukan aktifitas fisik. Maka dari itu, Anda dapat melakukan olahraga dengan intensitas yang lebih tinggi dibandingkan biasanya tanpa harus merasa lelah yang teramat sangat.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa kondisi tubuh saat menstruasi bisa berbeda-beda. Biasanya, wanita akan merasakan sakit atau kram perut pada hari pertama menstruasi, sehingga sulit untuk melakukan olahraga dengan kegiatan maksimal. Selain itu, pada hari pertama darah yang keluar juga lebih banyak dan menyebabkan wanita kehilangan lebih banyak cairan. Oleh sebab itu, lebih baik Anda melakukan olahraga ringan pada masa awal datangnya menstruasi.

Baca Juga : Pentingnya Mengetahui Penyebab Telat Haid Bagi Wanita

Berikut ini beberapa gerakan olahraga ringan yang dapat Anda lakukan saat mengalami menstruasi :

  • Jalan Kaki

Olahraga keras atau olahraga ekstrim memang tidak disarankan bagi Anda yang sedang dalam masa menstruasi. Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan saja di rumah. Ada dapat melakukan olahraga-olahraga ringan, seperti jalan kaki di sekitar rumah. Aktivitas ringan ini akan membuat tubuh Anda terasa lebih baik dan sehat.

  • Jogging

Jika berjalan kaki saja tidak cukup, Anda dapat melakukan jogging atau berlari-lari kecil untuk menggerakan tubuh Anda. Selain itu, hormon endorfin yang dilepaskan saat Anda melakukan jogging dapat membantu mengatasi mood yang tidak stabil selama masa menstruasi. Namun, pastikan Anda mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh sebelum dan setelah jogging agar tidak mengalami dehidrasi.

  • Aerobik

Ketika mengalami menstruasi, biasanya suasana hati akan mengalami ketidakstabilan meskipun sudah melewati masa PMS. Nah, untuk mengatasi hak tersebut, latihan aeronik dapat menjadi solusi untuk meluapkan kekesalan. Saat ini, banyak kelas aerobik yang dirancang agar pesertanya tidak merasa bahwa Ia sedang berolahraga, alih-alih merasa seperti berdansa dengan gerakan-gerakan yang menyenangkan.

  • Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang paling fleksibel. Gerakannya pun disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan tubuh Anda. Namun, gerakan membalikan badan (kaki di atas dan kepala di bawah) tidak disarankan selama berada dalam masa menstruasi. Selain itu, yoga juga dapat membantu memperbaiki mood Anda.

Pengobatan Herbal 3 Penyebab Penyakit Kista