Makan Ikan Dapat Mengurangi Gejala Rematik Hingga Penyakit Jantung

0
57

Seputarherbal.com – Benarkah gemar makan ikan bisa kurangi gejala rematik?. Rematik atau nama medisnya rheumatoid arthritis, penyakit ini biasanya menyerang orang berusia diatas 55 tahun. Penyakit rematik ditandai dengan sendi yang menjadi kaku dan sulit digerakan serta peradangan pada sendi dan otot.

Dalam suatu penelitian ditemukan fakta (yang dilaporkan oleh Dr. Sara Tedeschi) bahwa orang yang sering makan ikan (sebanyak 2 kali dalam seminggu) mengalami gejala rematik lebih ringan di banding dengan orang yang jarang makan ikan. Faktanya gejala penyakit ini teru menerus berkurang saat semakin sering anda mengkonsumsi ikan. Hal ini disebabkan karena pada ikan terdapat Vitamin E dan Omega 3 yang membantu untuk mengurangi gejala rematik.

Baca Juga : 5 Makanan pantangan pengidap rematik

Ikan merupakan makanan sumber protein yang baik untuk tubuh selain ayam dan daging. Namun, banyak penduduk Indonesia yang lebih memilih untuk makan daging ayam dari pada ikan. Padahal nutrisi ikan lebih tinggi dibandingkan dengan daging ayam dan manfaatnya pun banyak sekali.

Berikut ini manfaat mengkonsumsi ikan untuk kesehatan tubuh :

  • Membantu Pertumbuhan Tulang dan Otak Anak

Selain memiliki protein yang tinggi, ikan mengandung lemak omega 3 yang sangat berguna untuk pertumbuhan otak. Selain itu ikan juga mengandung kalsium, fosfor san vitamin D yang akan dibutuhkan anak-anak untuk pertumbuhan tulang mereka. Belum habis sampai disana, ikan mengandung mineral dan vitamin lainnya, seperti zat besi, zink, magnesium, yodium dan kalium. Semua kandungan ini tentunya sangat dibutuhkan anak-anak untuk tumbuh dan berkembang.

  • Mengurangi Risiko Alzheimer

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang sering makan ikan setiap minggunya akan memiliki lebih banyak substansi abu-abu di pusat otak yang mengatur ingatan dan emosi. Substansi abu-abu mengandung neuron yang berfungsi memproses informasi dan menyimpan ingatan. Maka tidak heran kalau orang yang gemar memakan ikan dapat terhindar dari alzheimer dan penurunan kognitif.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Kementrian Kesehatan RI merekomendasikan untuk mengkonsumsi ikan 2-3 kali dalam seminggu. Kandungan protein, vitamin dan mineral dalam ikan dapat mengatasi tekanan darah yang naik, sehingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu kandungan asam lemak dan omega 3 pada ikan juga dapat mengurangi kadar lemak dalam darah sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung.

https://lingshenyao.id/mengobati-kista-ovarium/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here