Kenali Gejala Infeksi Virus Corona Sejak Dini

0
130

Seputarherbal.com – Akhir-akhir ini, dunia sedang digemparkan denga kemunculan virus corona yang menyerang manusia. Pasalnya, belum ada atau belum ditemukan obat yang dapat menjamin kesembuhan infeksi corona. Meski begitu, penting bagi Anda untuk mengenali gejala virus corona agar dapat segera mencegah penyebaran dan mendapat penanganan yang tepat.

Virus corona sendiri dikenal dengan 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV). Pada dasarnya, virus ini merupakan virus yang menyerang pernapasan. Seseorang yang terserang virus ini dapat mengalami gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, bahkan hingga menyebabkan kematian.

Virus 2019 Novel Coronavirus sendiri merupakan jenis baru dari coronavirus yang dapat menular ke manusia. Virus berbahaya ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini juga menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan bahkan sudah masuk ke beberapa negara.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, coronavirus merupakan kumpulan virus yang menyerang atau menginfeksi sistem pernapasan. Dalam sebagian besar kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga dapat menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), dan Middle-East Respiratory Syndrome (MERS).

Gejala Infeksi Virus Corona

Gejala infeksi corona sendiri pada dasarnya hampir mirip dengan gejala flu, seperti hidung tersumbat dan berair, batuk, nyeri tenggorokan, demam, dan sakit kepala. Adapun gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak atau bahkan berdarah, nyeri dada, dan sesak napas.

Meski begitu, umumnya ada tiga gejala umum yang dapat menandakan seseorang terinfeksi virus corona, di antaranya adalah demam, batuk, dan sesak napas.

Berdasarkan penelitian, gejala infeksi virus corona muncul dalam waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah penderita terpapar coronavirus.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan pencegahan, seperti menggunakan masker di tempat ramai dan cuci tangan sesering mungkin.

Penyebaran Virus Corona

Berikut ini cara penyebaran virus corona yang perlu Anda ketahui :

  • Secara tidak sengaja menghirup percikan air ludah atau partikel-partikel bersin atau batuk penderita infeksi corona.
  • Adanya kontak jarak dekat dengan orang yang terinfeksi, seperti bersentuhan atau berjabat tangan.
  • Menyentuh hidung atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, setelah bersentuhan atau menyentuh benda yang terkena air liur penderita corona.

Baca Juga : Cara Penularan HIV yang Perlu Anda Ketahui

Pencegahan Virus Corona

Berikut ini beberapa upaya pencegahan yang dapat Anda lakukan agar tidak tertular virus corona :

  • Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  • Jangan menyentuh hidung dan mulut dengan tangan kotor.
  • Hindari kontak langsung atau berdekatan dengan orang yang terinfeksi.
  • Hindari menyentuh hewan liar.
  • Tutup mulut dan hidung Anda menggunakan tisu ketika bersin atau batuk, kemudian buang tisu ke tempat sampah, dan segera cuci tangan.
  • Kenakan masker pelindung.
  • Segera mengunjungi rumah sakit jika Anda mengalami gejala penyekit saluran pernapasan.

Penghancur 5 Jenis Kista Berbahaya, OBAT HERBAL