Gejala Tipes Pada Anak

0
249
gejala tipes pada anak

Gejala Tipes Pada Anak

Seputarherbal.com – Tipes adalah nama lain dari Tifoid , penyakit ini sering terjadi pada anak – anak dengan cara menyebar melalui makanan dan air, Atau bisa juga tertular dari orang yang terinfeksi. Tipes terjadi biasanya berada dalam air yang terkontaminasi dengan feses menyatu pada makanan atau minuman saat di konsumsi.

Gejala tipes pada anak sering terjadi akibat jajan sembarangan , anak keci pasti lebih rentan dibanding orang dewasa karena anak kecil tidak bisa menjaga kebersihan saat makan. Selain itu tipes sesekali datang dari orang yang terinfeksi bisa saja lewat makanan yang diberikan oleh tangannya , dan bakteri masuk kemakanan lewat tangannya.

Apa saja gejala tipes pada anak yang sering terjadi :

1Sakit perut dan diare

Hal ini terjadi karena saluran pernafasan terkena infeksi dari kuman yang telah berkembang. Hal seperti ini biasanya anak sulit untuk makan.

2Demam tinggi

Suhu tubuh yang dapat mencapai 40 derajat dan terus meningkat sampai malam hari, kemudian menurun pada pagi harinya dan terus berlangsung selama 1 minggu , Maka dapat diduga itu adalah gejala tipes.

3Muncul lapisan putih di atas lidah

Bagian tengah lidah terlihat kotor dan berselaput dan bagian tepi lidah masih berwarna mera, itu juga termasuk tanda dari penyakit tipes.

4Pusing

Jika anak mengalami sakit kepala yang berlebihan dan tampak sakit secara serius anak dapat mengalami kejang.

Selain gejala diatas ada juga ciri dari orang yang terkena tipes seperti ,Tubuh terasa lemah, lelah, dan pegal-pegal, Sakit tenggorokan, sembelit, dan nafsu makan hilang.

Apa pertolongan pertama yang harus dilakukan oleh para orang tua jika anak mengalami gejala-gejala tersebut. Simak rangkuman di bawah ini :

  • Perbanyak minum air putih untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terkena dehidrasi. Karena saat tipes membuat cairan dalam tubuh berkurang saat diare dan demam.
  • Memperbanyak asupan madu ,selain madu bisa jadi cara mengobati batuk dan makanan asam labung. Madu juga mampu membuat usus terbebas dari iritasi dan melindungi saluran pencernaan.
  • Pilih makanan yang tidak menyebabkan diare atau dengan kata lain pilih makanan yang gampang untuk di cerna oleh tubuh seperti pisang, pisang juga bermanfaat makanan untuk membuat kulit bersih. Dan carilah makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

 

Baca Juga : Penyebab Vertigo dan Bagaimana Cara Mengobatinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here