Kebiasaan Ini Hindari Kamu dari Gejala Obesitas

0
25

Seputarherbal.com – Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan suatu kondisi yang disebabkan karena menumpuknya lemak di tubuh. Tak jarang banyak orang yang mengalami obesitas mengalami rasa tidak percaya diri pada bentuk tubuhnya yang gemuk. Selain itu, banyak juga orang yang mengatasi masalah obesitas dengan melakukan diet ketat. Namun, diet bukan satu-satunya cara untuk menurunkan atau menjaga berat badan agar tetap ideal. Faktor utama penyebab terjadinya obesitas adalah kebiasaan meneraapkan gaya hidup yang tidak sehat. Padahal, kunci utama agar tubuh terhindar dari masalah obesitas adalah penerapan gaya hidup sehat. Nah, kebiasaan ini hindari kamu dari gejala obesitas :

  • Banyak Minum Air Putih

Anda pasti pernah mendengar, bahwa Anda harus mencukupi kebutuhan cairan di tubuh dengan meminum 8 gelas air putih per harinya. Hal tersebut memang benar, karena air penting untuk mendorong kotoran agar keluar dari dalam tubuh agar tidak menumpuk sehingga menyebabkan berat badan menjadi tidak terkontrol. Akan lebih baik jika mengonsumsi air putih tanpa tambahan pemanis atau bahan-bahan lainnya.

  • Tidur yang Cukup

Memang sulit mengatur waktu tidur ketika Anda sedang sibuk-sibuknya dengan aktivitas harian Anda. Meskipun begitu, Anda harus tetap meluangkan waktu yang cukup untuk istirahat, salah satunya adalah untuk menghindari terjadinya obesitas. Hal tersebut disebabkan karena, ketika Anda kekurangan tidur, maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang tinggi, yang menyebabkan nafsu makan meningkat. Tidak hanya kurang tidur, tidur lebih dari 10 jam juga dapat memicu kenaikan berat badan. Maka dari itu, istirahatlah dengan cukup, karena istirahat yang cukup dapat mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Kebiasaan Setiap Hari Yang Bikin Berat Badan Ideal

  • Tidak Tidur Setelah Makan

Tidur setelah makan memang suatu hal yang nikmat untuk dilakukan. Namun, Anda jangan mudah tergoda, karena hal tersebut dapat menyebabkan pencernaan Anda terganggu sehingga terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh. Tidak hanya itu, jika hal tersebut dilakukan terus menerus juga dapat menyebabkan terjadinya diabetes. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda melawan rasa kantuk sehabis makan dengan melakukan aktifitas-aktifitas kecil yang dapat membuat Anda tetap terjaga.

  • Hindari Junk Food

Junk food atau makanan siap saji memang sulit untuk Anda hindari. Akan tetapi, mulai saat ini Anda harus bisa menahan diri dari godaan junk food, karena makanan tersebut mengandung lemak jahat yang tinggi dan dapat meningkatkan risiko obesitas pada diri Anda.

  • Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan yang paling cocok untuk mencegah terjadinya obesitas. Buah dan sayuran memiliki kalori yang rendah dan kaya akan serat serta nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kanker/