Gejala Kelenjar Getah Bening Di Leher

0
123
terapi benjolan di kepala belakang

Tumbuhnya benjolan pada bagian tubuh tentu membuat seseorang khawatir akan adanya tumor atau penyakit lain. Munculnya benjolan juga bisa karena adanya pembengkakan dari kelenjar getah bening. Kelenjar ini tersebar dihampir seluruh bagian tubuh misalnya dibawah ketiak, bawah dagu, leher dan selangkangan. Beberapa gejala kelenjar getah bening di leher biasanya sangat terasa saat penderita menelan makanan atau minuman.

Disamping itu, penting bagi kita mengetahui penyebab dari timbulnya pembengkakan pada kelenjar getah bening tersebut.  Berikut beberapa faktor yang menyebabkan kelenjar getah bening bengkak :

Infeksi

Infeksi virus atau bakteri dapat membentuk benjolan pada kelenjar ketah bening. Pembengkakan ini merupakan respons dari pada sistem kekebalan tubuh manusia secara alami. Cirinya,, benjolan biasanya lunak dan tidak sakit jika disentuh.

Tumor jinak

Tumor jinak ini termasuk pada jenis kista sebasea, fibroma, lipoma. Mirip dengan benjolan yang dikarenakan infeksi, benjolan ini juga tidak terasa nyeri. Umumnya tumor jinak ini tidak berbahaya.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Kanker

Pada kanker kelenjar getah bening biasanya penderita juga mengalami gejala lain pada tubuhnya. Umumnya kanker kelenjar getah bening muncul pada daerah leher dan juga ketiak. Berikut cirinya :

  • Sulit menelan.
  • Sulit bernapas.
  • Berat badan menurun drastis.
  • Suara menjadi serak.
  • Mengeluarkan nanah.
  • Benjolan tidak hilang setelah 2 minggu, bahkan membesar.
  • Benjolan terasa keras jika diraba.

Jika anda atau orang terdekat merasakan gejala kelenjar getah bening di leher seperti diatas ada baiknya segera konsultasikan dengan dokter. atau anda juga dapat melakukan hal sederhana seperti berisitrahat dengan cukup dan konsumsi vitamin untuk memperbaiki keadaan tubuh.

 

.https://lingshenyao.id/kelenjar-getah-bening/