Gejala Kanker Tenggorokan

0
215
gejala kanker tenggorokan

Seputarherbal.com – Jarang rasanya kita mendengar tentang kanker tenggorokan. Tapi anda perlu mengenalnya lebih jauh untuk menghindari penyakit yang ganas ini. Gejala kanker tenggorokan awalnya biasa, seperti sakit tenggorokan biasa. Kanker ini termsuk tumor ganas yang berkembang didaerah tenggorokan. Kondisi ini akibat pertumbuhan sel yang berlipat ganda hingga tidak terkendali.

Penurut penelitian, kanker nasofaring (termasuk salah satu kanker tenggorokan) menjadi peringkat ke 4 yang paling banyak diderita di Indonesia. Di Indonesia hampir 70% penderitanya di indap kaum laki-laki. Mari kita cari tahu gejala kanker tenggorokan ini :

  1. Kesulitan menelan. Terasa nyeri saat menelan.
  2. Kanker ini berpengaruh pada pita suara, sehingga akan muncul perubahan suara. Seperti, serak atau sama sekali sulit bersuara.
  3. Sakit pada aerah tenggorokan. Diiringi sakit telinga atau berdengung.
  4. Jika terdapat benjolan didaerah tenggorokan, benjolan tersebut sulit sembuh.
  5. Berat badan yang semakin menurun.
  6. Terjadi pembengkakan pada ternggorokan, rahang, leher hingga mata.

Gelaja- gelaja diatas memang cenderung umum jadi sedikit sulit untuk benar-benar memastikan kanker ini. Namun jika tidak kunjung sembuh atau bertambah parah anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga : Obat Radang Tenggorokan

Penyebab

Penyebab dari kanker tenggorokan ini msih belum pasti. Namun ada beberapa factor resiko seseorang terserang kanker tenggorokan. Berikut faktor resiko kanker tenggorokan :

  • Konsumsi tembakau

Sebagian besar pria di Indonesia adalah peroko, itu sebabnya 70% dari penderita kanker tenggorokan merupakan pria. Menkonsumsi tembakau dengan cara meroko atau dikonsumsi langsung menjadi salah satu penyebabnya.

  • Minuman Keras

Menkonsumsi minuman keras secara berlebihan diketahui menjadi salah satu faktor. Tak jarang orang yang menkonsumsi alcohol berlebihan mengalami gejala kanker tenggorokan.

  • Kesehatan Gigi

Ternyata kesehatan gigi juga penting diperhatikan. Makanan yang msuk ke tenggorokan, sebelumnya akan diproses melalui mulut. Saat ini lah gigi-gigi kita bekerja. Usahakan jaga kesehatan gigi agar terhindar dari kanker tenggorokan.

  • Virus HPV (human papillomavirus) Dan Asam Lambung

Seseorang yang terjangit virus HPV atau mempunyai penyakit asam lambung juga berpotensi terserang kanker tenggorokan ini.

  • Pola Hidup

Pola hidup yang tidak dijaga tak hanya akan mendatangkan kanker tenggorokan, tapi beberpa penyakit juga mudah menyerang. Konsumsilah makanan yang bergizi dan mengandung antioksidan.

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-kelenjar-getah-bening-tanpa-operasi/

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here