Kenali Gejala GERD Sebelum Makin Parah

0
36

Seputarherbal.com – Gastro-oesophageal Reflux Diseases (GERD) merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Akan tetapi, gejalanya sering diabaikan oleh penderitanya. Apabila terus menerus diabaikan, GERD bisa menjadi penyakit kronis dan dapat menimbulkan penyakit lain seperti asma. Hal ini telah dibuktikan, dimana sebagian besar orang yang mengalami asma juga mengalami GERD.

GERD merupakan suatu kondisi dimana asam lambung naik dan mengalir ke sepanjang kerongkongan (esofagus), Hal tersebut tentunya akan terasa sangat mengganggu dan juga dapat menyebabkan komplikasi apabila dibiarkan. Bagi Anda wanita hamil, peminum alkohol dan perokok, risiko terjadinya GERD akan lebih tinggi. Berikut gejala GERD yang perlu Anda ketahui :

Baca Juga : Asam lambung naik saat hamil

  • Nyeri pada Bagian Dada

Nyeri di bagian dada (heartburn) merupakan gejala GERD yang paling umum. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa gejala tersebut merupakan gejala GERD. Heartburn merupakan suatu kondisi, dimana bagian tengah bawah dada  terasa terbakar. Hal ini disebabkan karena, asam lambung yang naik ke kerongkongan (esofagus). Kondisi ini akan bertambah parah ketika Anda membungkukkan badan atau telentang.

  • Sulit Menelan

Kesulitan menelan kerap dialami oleh penderita GERD. Hal ini disebabkan karena jumlah asam lambung yang meningkat, sehingga menyebabkan kerongkongan luka dan terjadi pembengkakan yang membuat kerongkongan menyempit. Hal tersebutlah yang mebuat penderita GERD menjadi kesulitan dalam menelan.

Jika belum parah, penyakit ini bisa segera diatasi dengan menggunakan obat-obatan pereda gejala GERD disertai dengan mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat. Akan tetapi, apabila gejalanya sudah parah, maka anda harus segera memeriksakan diri anda ke dokter.

  • Mual dan Muntah

GERD disebabkan oleh naiknya asam lambung sehingga menyebabkan rasa nyeri dan panas di ulu hati dan di lambung. Hal tersebut bahkan seringkali membuat penderitanya mual dan muntah-muntah. Anda dapat mengonsumsi obat yang dapat menetralkan asam lambung seperti antasida.

  • Produksi Air Liur Meningkat

Meningkatnya asam lambung juga menyebabkan produksi air liur Anda meningkat. Hal tersebut merupakan respon alami tubuh, karena air liur dapat membantu menetralisir asam lambung yang naik ke kerongkongan.

  • Batuk dan Sesak Nafas

Meningkatnya jumlah asam lambung secara terus menerus juga dapat membuat saluran pernafasan menjadi sempit. Sehingga penderita GERD akan mengalami batuk dan sesak nafas.

https://lingshenyao.id/obat-herbal-miom/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here