Gejala dan Penyebab Tumor

0
89
penyebab tumor

Gejala dan Penyebab Tumor

Seputarherbal.com – Sebelum membahas tentang penyebabnya, alangkah lebih baiknya anda mengetahui dulu lebih dalam tentang tumor yang terdapat pada artikel seputar herbal sebelumnya.

Artikel sebelumnya :

Walaupun sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti penyebab tumbuhnya tumor, tetapi tumor ganas dan tumor jinak memiliki penyebab yang hampir sama, yaitu :

Perhatikan Pola makan

Pola makan yang salah bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker, terutama kanker kolesterol. Maka dari itu hindari makanan yang memiliki kandungan lemak , protein, daging merah ,dan protein yang tinggi. Jika tidak sanggup mengurangi nya maka anda bisa membatasi mengonsumsi nya dan jangan lupa untuk menghindari minum minuman yang beralkohol.

Dilarang Merokok

Sudah jelas bahwa merokok dapat memicu munculnya berbagai penyakit, seperti kelainan janin, kanker, komplikasi, serangan jantung dan yang lainnya. Setiap orang pasti telah mengetahui adanya peringatanpada setiap kemasan rokok tentang bahaya dari rokok tersebut.

Infeksi

Kanker bisa datang dari infeksi akibat virus dan bakter , seperti infeksi dari :

  • Epstein-Barr virus yang meningkatkan risiko limfoma Burkitt.
  • Helicobacter-pylori yang meningkatkan risiko kanker lambung.
  • Virus Hepatitis B dan C yang meningkatkan risiko kanker hati.
  • Human papillomavirus (HPV) yang meningkatkan risiko kanker mulut rahim (serviks), penis, vagina, anus, dan nasofaring.

Radiasi

radiasi ultraviolet dari sinar matahari dan radiasi ion dari peralatan medis seperti sinar-X, CT scan, fluoroskopi, dan radiasi terapi nuklir diduga bisa meningkatkan risiko terkenanya penyakit kanker.

Olahraga atau Aktifitas Fisik

Kegiatan yang menyehatkan tentunya dapat membantu tubuh untuk tetap sehat.  Contohnya dengan olahraga, para peneliti juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini bisa melawan kanker , terutama kanker payudara pada wanita pasca-menopause.

Faktor risiko lingkungan

Lingkungan di sini ialah linngkungan kotor yang di akibatkan oleh paparan dari berbagai bahan kimia. Misalnya asap rokok, polusi udara, asbestos dan bisa jadi lewat air minum yang tidak bersih.

Faktor Keturunan

Walaupun kanker, tumor, itu bisa didapat dari faktor keturunan tapi hal itu tidak selalu terjadi. Mutasi gen bisa diturunkan pada anggota keluarga, misalnya gen BRCA1, tapi bisa jadi wanita yang dari awal sudah memiliki gen BRCA1 80 persen kemungkinan bisa kanker payudara.

Dari beberapa penyebab diatas tumor juga bisa menyebabkan bermacam gejala dan tanda-tanda umum. Gejala itu seperti, demam, tidak nafsu makan, selalu merasa lelah dan tidak sehat, berat badan menurun tanpa alasan dan selalu berkeringat pada malam hari.

Sumber : Alodokter, https://lingshenyao.id/pengobatan-tumor-otak/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here