Mengenal Gejala Asam Urat dan Cara Mengatasinya

0
33

Asam urat merupakan salah satu gangguan kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh masyarkat Indonesia. Kondisi yang menyerang bagian sendi ini memang cukup mengganggu disaat kambuh, karena gejala asam urat yang ditimbulkan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda semua, terutama penderita asam urat untuk mengetahui cara menjaga kadar asam urat agar tidak kambuh dan menimbulkan gejala.

Sebelum Anda mengetahui cara mencegah asam urat kambuh, ada baiknya jika Anda mengenal lebih jauh mengenai asam urat dan dampak apa saja yang dapat terjadi pada tubuh akibat kondisi ini.

Asam urat sebenarnya bukanlah suatu penyakit melainkan zat kimia yang dihasilkan ketika tubuh memecah zat yang disebut purin. Purin sendiri adalah senyawa yang sering kali ditemukan pada makanan yang mungkin biasa Anda konsumsi, seperti daging, jeroan, seafood, kacang kering, dan lain-lain.

Jika kadar asam urat dalam tubuh tinggi, maka bagian tubuh tertentu bisa mengalami peradangan dan nyeri, di mana biasanya terjadi pada bagian sendi. Banyak yang mengira bahwa asam urat hanya dapat terjadi pada mereka yang berusia lanjut (lansia), padahal itu sama sekali tidak benar. Pasalnya, asam urat tinggi dapat terjadi pada siapa saja tanpa mengenal batasan usia, terutama pada mereka yang sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi.

Selain itu, perlu Anda ketahui juga bahwa asam urat bukan kondisi yang dapat disembuhkan secara keseluruhan, melainkan dapat dikendalikan agar gejalanya mereda dan tidak kambuh.

Penyebab utama dari asam urat adalah akibat adanya penumpukan zat purin dibagian sendi. Menumpuknya zat purin di dalam tubuh dapat membuat otot tegang, pegal, ngilu. Jika sudah parah, kondisi ini juga dapat berujung pada gangguan ginjal.

Gejala Asam Urat

Banyak yang menganggap remeh terkait asam urat di dalam tubuh. Padahal, sam urat tidak boleh dianggap remeh dan dibiarkan begitu saja, sebab kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi jika sudah parah. Agar dapat terhindar dari penyakit asam urat tinggi, ada baiknya jika Anda mengenali gejala penyakit asam urat sejak dini agar dapat mengatasinya dengan cepat. Gejala asam urat di antaranya adalah :

  1. Nyeri di bagian persendian

Nyeri sendi adalah gejala paling utama yang muncul ketika seseorang sedang mengalami asam urat. Dalam kebanyakan kasus, asam urat menyerang sendi pada pergelangan tangan, lutut, jempol kaki, siku, dan jari-jari. Gejala ini dapat terjadi selama 4 hingga 12 jam, dan kemudian mereda. Jika Anda mengalami hal ini, maka jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui lebih jelas penyebab dari gejala yang dikeluhkan.

  1. Sendi kaku

Gejala lain yang juga tak kalah sering dialami penderita asam urat adalah sendi kaku. Dalam kondisi ini, meski rasa sakit yang dialami pun sudah mereda, tetapi Anda akan tetap kesulitan dalam melakukan pergerakan normal. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya kelumpuhan jangka panjang.

  1. Radang kemerahan

Asam urat dapat menyebabkan nyeri sendi, sehingga juga menyebabkan radang kemerahan pada area sendi yang terdampak. Kondisi ini dapat diikuti dengan dengan munculnya sensasi panas di area tersebut. Kondisi ini umumnya terjadi akibat asam urat menumpuk di bagian sendi, sehingga sendi mengalami pembengkakan dan peradangan.

  1. Pembengkakan

Gejala asam urat selanjutnya adalah terjadinya pembengkakan atau benjolan pada lapisan kulit. Hal ini terjadi akibat asam urat sudah parah dan menumpuk dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika asam urat menumpuk di saluran kemih, maka Anda harus lebih berhati-hati, sebab hal ini dapat berujung pada batu ginjal.

  1. Kesemutan yang tak kunjung reda

Kesemutan yang tak kunjung reda juga bisa menjadi gejala asam urat. Dalam kondisi ini, kesemutan juga mengakibatkan munculnya sensasi panas yang terasa membakar kaki dan tentunya membuat tidak nyaman. Hal tersebut umumnya terjadi pada seseorang yang terkena gejala asam urat tinggi.

Cara Mencegah Asam Urat kambuh

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa asam urat kambung sering kali mengganggu kenyamanan dan menghambat aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menjaga kadar asam urat di dalam tubuh, antara lain adalah dengan cara berikut :

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih merupakan minuman terbaik yang dapat Anda konsumsi sehari-hari. Sementara itu, minuman yang tidak dianjurkan untuk penderita asam urat adalah minuman beralkohol dan minuman dengan kadar gula tinggi. Hal ini disebabkan karena, minuman tersebut hanya akan membuat kadar asam urat semakin tinggi, sehingga akan mengakibatkan nyeri sendi yang lebih parah.

Pada dasarnya, sertiap orang setidaknya harus minum air putih 8 gelas perhari. Hal ini juga berguna untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Pasalnya, air putihdapat melarutkan zat-zat yang tidak terpakai di dalam tubuh sehingga dapat dikeluarkan ketika buang air kecil. Dengan begitu, zat asam urat yang menumpuk di dalam tubuh pun dapat dilarutkan. Selain air putih, anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi.

  1. Membatasi makanan dengan kandungan purin tinggi

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa penderita asam urat sebaiknya membatasi konsumsi makanan-makanan yang mengandung purin tinggi. Sebagaigantinya, Anda harus banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan tinggi, karena antioksidan, misalnya ceri, dapat membantu menurunkan kandungan asam urat dalam darah.

  1. Olahraga teratur

Setiap orang tentunya harus memiliki aktivitas fisik atau olahraga rutin untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tak terkecuali penyakit asam urat. Luangkanlah waktu setidaknya 30 menit sehari untuk olahraga, sehingga dapat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Dengan berolahraga, sendi juga menjadi terlatih, sehingga juga dapat mengurangi gejala nyeri sendi.

Baca Juga : Obat Herbal Asam Urat yang Manjur

https://rheumapas.com/obat-asam-urat-akut