Fungsi Lemak dalam Tubuh Manusia

0
11
Pinching Fat

Seputarherbal.com – Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata “lemak“? Sebagian besar, pasti mengira bahwa lemak merupakan suatu hal yang buruk bagi tubuh, karena akan membuat seseorang terlihat gemuk dan buncit. Hal tersebut tentunya tidak sepenuhnya salah, karena apabila lemak di tubuh terlalu banyak, maka akan menyebabkan penumpukan lemak di area perut dan lainnya. Namun, jika Anda mengira bahwa lemak itu sepenuhnya buruk, maka Anda salah. Pasalnya lemak merupakan hal yang penting untuk tubuh manusia. Dalam artikel ini, kita akan membahas fungsi lemak dalam tubuh manusia. Baca hingga selesai ya…!

Berikut ini, fungsi lemak di dalam tubuh manusia yang perlu Anda Ketahui :

  • Sebagai Sumber Energi

Karbohidrat merupakan sumber utama energi untuk tubuh manusia, sedangkan lemak merupakan sumber energi cadangan ketika karbohidrat tidak tersedia. Selain itu, lemak juga setidaknya membantu memaksimalkan fungsi protein dalam tubuh agar dapat dibagikan kepada bagian tubuh lain yang memerlukannya. Lemak juga berfungsi untuk menunjang fungsi tubuh, agar selalu fit. Akan tetapi, perlu diingat bahwa lemak memiliki kalori yang lebih tinggi dari protein dan karbohidrat, sehingga Anda harus menghindari konsumsi lemak lebih dari 20 hingga 35%.

Baca Juga : 5 Gerakan Olahraga Kardio Untuk Membakar Lemak

  • Menjaga Suhu Tubuh Agar Tetap Normal

Hampir semua orang memiliki lemak tipis yang terdapat pada bagian bawah kulit. Lapisan lemak tersebut bergungsi untuk melindungi suhu tubuh agar tetap berada dalam kisaran normal. Selain itu, lapisan lemak juga dapat melindungi tubuh bagian dalam dari perubahan suhu ekstrim. Hal tersebut disebabkan karena, ketika suhu di luar dingin lapisan lemak tersebut akan menghasilkan panas yang mampu meningkatkan suhu tubuh agar kembali normal.

  • Melindungi Organ-Organ Penting Dalam Tubuh

Perlu Anda ketahui, bahawa lemak tidak hanya terdapat pada kulit dan daerah sekitarnya, akan tetapi lemak juga menyelimuti organ-organ penting, seperti jantung, otak, tulang, saraf dan jaringan tisu. Hal tersebut disebabkan karena, lemak berfungsi untuk melindungi organ-organ tersebut ketika terjadi benturan keras. Lapisan lemak tersebut akan menyerap efek benturan sebanyak mungkin agar organ beserta struktur penting lainnya tidak mengalami kerusakan yang parah.

  • Membantu Penyerapan Vitamin

Ada beberapa vitamin yang larut dalam lemak, vitamin-vitamin ini merupakan komponen yang perlu Anda konsumsi setiap harinya, yaitu vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Tanpa adanya lemak, tubuh akan kesulitan dalam menyerap vitamin-vitamin tersebut sehingga tubuh akan kekurangan satu atau bahkan lebih manfaat dari vitamin-vitamin tersebut. Maka dari itu, lemak sangat berperan penting dalam penyerapan vitamin.

https://lingshenyao.id/pengobatan-kista-herbal/